Curhat Tenaga Kontrak dan Honorer Pemkab Gianyar, Tetap Kerja Meski Gaji Telat

0
339
Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya.

GIANYAR – Awal tahun 2021, ASN Pemkab Gianyar mengelus dada karena keterlambatan gaji. Kini, tenaga kontrak dan honorer pun ikut galau karena belum gajian dari Desember 2020.

Ironisnya lagi, gaji yang mereka terima masih di bawah Upah Minimun Regional (UMR) Gianyar yang mencapai Rp 2,6 juta lebih. “Sudah dari Desember tidak gajian. Karena kita butuh kerja, ya, tetap bekerja meski belum dibayar” kata salah seorang pegawai kontrak di Pemkab Gianyar, Kamis (14/1/2021).

Sumber yang keberatan namanya dipiblikasikan itu mengaku terpaksa mengirit untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. “Saya hanya mengandalkan penghasilan dari bekerja sebagai tenaga kontrak. Kalaupun jualan situasi sekarang lagi lesu,”ucapnya.

Terpisah, Sekda Gianyar Made Gede Wisnu Wijaya mengiyakan belum terbayarnya gaji tenaga kontrak dan honorer. Ia membantah keterlambatan gaji karena adanya defisit anggaran dampak pandemi Covid-19. “Karena ada peralihan sistem aplikasi ke SIPD (Sitem Informasi Pemerintah Daerah). Seluruh Indonesia beralih ke Informasi baru. ASN juga belum dibayarkan karena peralihan sistem ini, termasuk APBD masuk di sana,”tegasnya.

Pemkab Gianyar mengupayakan gaji tenaga kontrak dan honorer terbayar Januari ini. “Diupayakan akhir Januari gaji sudah dibaya”, tandasnya. (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here