Atasi Banjir di Tangkuban Perahu, Ini Skenario Dinas PUPR Badung

0
204
Kecilnya ukuran giring-gorong menyebabkan kawasan Tangkuban Perahu menjadi langganan banjir.

MANGUPURA – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Badung telah menyiapkan skenario untuk penanggulangan banjir di kawasan Jalan Tangkuban Perahu, Kerobokan, Kuta Utara. Kawasan ini menjadi langgaran banjir disetiap musim penghujan,  ditenggarai karena kecilnya gorong-gorong yang menghambat aliran air hujan.

Kepala Dinas PUPR Badung IB Surya Suamba menjelaskan, salah satu penyebab banjir dikawasan Jalan Tangkuban Perahu lantaran ukuran gorong-gorong yang kurang ideal alias kecil. “Kalau intensitas hujannya besar dipastikan kawasan tersebut akan kebanjiran. Karena kecilnya gorong-gorong tidak sebanding dengan volume air hujan, akibatnya air akan meluber kejalanan hingga masuk pemukiman warga,”kata Surya Suamba yang dikonfirmasi,  Kamis (14/1/2021).

Ukuran gorong-gorong saat ini lanjut Surya Suamba, hanya 1,5 x 1 meter, dan kemungkinan telah terjadi sedimentasi didalamnya, yang mengakibatkan aliran air menjadi tersendat. Nah, untuk mengatasi permasalahan ini, tahun anggaran 2021 ini akan dilakukan penggantian gorong-gorong dengan ukuran yang lebih besar.

“Gorong-gorong akan  kita ganti dengan box culvert dengan ukuran besar 2 x 2 meter. Saat ini kita masih menunggu kedatangan box culvert,”katanya. Selain menunggu box culvert, saat ini juga masih proses tender pengadaan bahan-bahan bangunan untuk kegiatan pemerliharaan di Dinas PUPR.

Ditambahkannya, dengan pemasangan box culvert ukuran besar ini, jalan yang kondisinya saat ini melengkung, akan menjadi datar.  Kegiatan ini menggunakan anggaran pemeliharan sebesar Rp 200 juta, dengan volume sepanjang 7,7 meter,  diperkirakan membutuhkan 6 box culvert. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here