Diskes Lakukan Persiapan, Vaksinasi Gelombang Pertama Digelar 14 Januari

0
62

DENPASAR – Pemerintah Provinsi (Pemprov) Bali melalui Dinas Kesehatan Mulai melakukan persiapan untuk pelaksanaan Vaksinasi gelombang pertama. Sampai saat ini, jadwal vaksinasi gelombang pertama masih tetap sesuai jadwal semula yakni Kamis (14/1/2021) lusa. Kepastian jadwal ini seiring telah dikeluarkannya izin penggunaan darurat atau yang disebut Emergency Use Authorization (EUA) oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM), Senin (11/1/2021) lalu.

Menurut Kadiskes Provinsi Bali, dr. Ketut Suarjaya, Rumah Sakit Bali Mandara (RSBM) akan menjadi simbol lokasi pelaksanaan vaksinasi tahap pertama tersebut. Menurut rencana peluncuran vaksinasi perdana di RSBM akan dihadiri langsung oleh Gubernur Bali Wayan Koster.

“Vaksinasi secara serentak juga akan dilakukan pula di tiga wilayah yakni Kota Denpasar, Kabupaten Badung, dan Gianyar. Distribusi vaksin kepada tiga wilayah itu juga sudah dilakukan kemarin.” ujarnya Selasa (12/1/2021).

Ditambahkan, Bapak Gubernur Wayan Koster masuk kelompok satu yang akan disuntik vaksin. Bersama juga dengan unsur Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompinda) di tingkat provinsi. Kelompok satu ini juga berlaku untuk kepala daerah dan Forkompinda di tingkat kabupaten/kota. Vaksinasi selanjutnya akan dilakukan kepada kelompok prioritas yakni para tenaga kesehatan atau nakes yang selama ini jadi ujung tombak penanganan Covid-19.

Sementara mereka yang pernah terpapar Covid-19 tidak masuk dalam daftar penerima vaksin. Hal itu dikarenakan mereka sudah punya kekebalan, sudah punya antibodi. Para penerima vaksin nantinya akan memperoleh pemberitahuan melalui SMS blast.

“Sepanjang tidak ada gejala klinis yang mengarah Covid-19, tidak perlu swab juga tidak apa,”pungkasnya.(arn)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here