94 Pelanggar Terjaring Tim Yustisi

0
29
TERCIDUK : Petugas mengiring seorang pemuda karena tidak membawa dan mengenakan masker

TABANAN – Tim Yustisi Satgas Penanganan Covid-19 Kabupaten Tabanan terus melakukan patroli ke seluruh kecamatan untuk menegakkan disiplin pelaksanaan protokol kesehatan terutama penggunaan masker, Selasa (12/1/2021) siang.  Hasilnya, petugas menjaring 94 pelanggar.
 
Kasatpol PP Tabanan I Wayan Sarba menjelaskan, sesuai arahan dari Satgas, pihaknya terus melakukan patroli ke seluruh kecamatan dengan melibatkan 100 personel gabungan dengan TNI, Polri, perhubungan, BPBD dan Kesehatan. Di hari kedua pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) di Tabanan, Selasa (12/1/2021), petugas pagi telah melakukan patroli di sepuluh kecamatan dengan membagi menjadi lima tim.

“Dari laporan yang masuk, tim menjaring sebanyak 94 pelanggar protokol kesehatan,” Ungkap Sarba.
 
Dijelaskan, dari hasil operasi yustisi sebanyak 94 pelanggar tersebut, sebanyak 89 orang mendapat teguran lisan. Mereka mengenakan masker namun tidak tepat karena hanya dipakai di dagu tidak menutup hidung dan mulut. Selain itu ada dua orang terpaksa didenda karena tidak membawa masker serta tiga orang diberikan hukuman fisik.

“Dari operasi hari kedua ini, masih ada temuan warga tidak memakai masker saat berada di luar rumah,” tandasnya.
 
Dalam operasi tersebut, tim yang bertugas di Kecamatan Tabanan dan kediri menemukan ada dua  warga yang tidak membawa masker sehingga langsung dikenakan denda Rp 100 ribu. Selain itu, juga satu orang mendapat hukuman fisik dan 34 orang teguran lisan. Warga yang dikenakan sanksi fisik yakni dua orang di Kecamatan Pupuan. Sementara selebihnya sebanyak 89 orang hanya mendapatkan teguran lisan.

“Kami terpaksa mendenda dua orang yang melanggar dan memberi hukuman fisik terukur pada tiga orang,” jelasnya.
 
Pihaknya kembali mengimbau seluruh masyarakat untuk tetap disiplin melaksana protokol kesehatan dengan gerakan 3 M yakni memakai masker, mencuci tangan dna menjaga jarak dengan menghindari kerumunan. Pihaknya akan terus melakukan patroli siang dan malam selama penerapan PPKM di Tabanan.

“Kami tidak segan-segan akan memberikan sanksi, namun kami berharap masyarakat tetap disiplin menjalankan Prokes dimanapun berada,” pungkasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here