Hujan Deras, Rumah Terendam, Pohon Tumbang

0
158
SEDOT AIR : Petugas BPBD Tabanan gunkan mesiin sedot air yang mengenani perumahan Lebha Asri, Kediri

TABANAN – Hujan deras yang mengguyur wilayah Tabanan dan sekitarnya, sejak Kamis (07/1/2021) malam hingga Jumat (08/1/2021) pagi membuat empat rumah yang berada di perumahan Lebah Asri Jalan Tendean, Banjar Tenten, Desa Banjar Anyar Kediri tergenang air.

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Tabanan I Putu Trisna Widiatmika mengatakan, perumahan di Lebah Asri Jalan Tendean, Banjar Tenten, Desa Banjar Anyar, Kediri yang terkena banjir dengan ketinggian genangan air setinggi lutut kaki orang dewasa. Penyebab banjir di perumahan tersebut dengan empat rumah penduduk yang. Karena air saluran subak meluap yang tak kuat menampung debit air yang deras, sehingga air masuk ke perumahan penduduk.

“Kami sudah lakukan penanganan terhadap genangan air di perumahan Lebah Asri dengan mengerahkan satu unit mesin pompa air untuk menguras air di halaman rumah warga. Penanganan kami lakukan selama dua jam dengan 8 anggota TRC BPBD Tabanan kami turunkan,” ujar Trisna.

Trisna juga menyebut genangan banjir pada perumahan Lebah Asri tersebut memang kerap kali terjadi setiap tahun. Akibat dari buruknya saluran subak dengan kondisi sempit yang tidak mampu menampung debit air hujan. Disamping itu juga faktor sampah yang mengenangi saluran irigasi subak.

“Mengatasi masalah ini kami sudah berkoordinasi dengan Dinas PUPR kabupaten Tabanan agar segera dapat melaporkan ke PUPR Provinsi untuk bisa tertangani. Mengingat saat ini intensitas hujan begitu tinggi mulai tertinggi di wilayah Tabanan,” ungkapnya.

Trisna menambahkan sejauh ini kondisi empat rumah warga yang tergenang air sudah terkuras. Warga langsung melakukan kegiatan bersih-bersih rumah untuk menyingkirkan lumpur setelah banjir surut.

PETUGAS memotong batang pohon yang tumbang ke jalan raya

Selain itu akibat hujan deras juga mengakibatkan dua pohon tumbang yang berlokasi dua titik. Yakni pohon tumbang di Desa Langlang Linggah, Selemadeg Barat berada di jalur utama Denpasar-Gilimanuk. Kemudian pohon tumbang berada di areal pasar tradisional Dauh Pala, Desa Dauh Peken Tabanan. Kendati terjadi sejumlah bencana alam, beruntung tidak mengakibatkan korban jiwa. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here