Buleleng Wajibkan Anak Masuk PAUD Sebelum SD

0
117
Kadisdikpora Buleleng Made Astika sosialisasi Perbup No 62 tahun 2020 tentang PAUD

BULELENG – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melalui Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng mewajibkan setiap anak untuk mengikuti/masuk Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD) selama satu tahun, sebelum masuk ke jenjang pendidikan Sekolah Dasar (SD).

Ketentuan ini dilakukan sesuai dengan Peraturan Bupati (Perbup) Nomor 62 tahun 2020 tentang Penyelenggaraan PAUD Satu Tahun Pra Sekolah Dasar.

“Karena Pendidikan Anak Usia Dini atau PAUD merupakan pendidikan yang menyasar anak usia 0 – 6 tahun, usia emas dalam pembentukan mental,” tandas Kadisdikpora Buleleng Made Astika, Selasa (29/12/2020) saat membuka sosialisasi Perbub No. 62 tahun 2020 di Gedung Laksmi Graha Singaraja.

Astika menegaskan, Pemkab Buleleng memiliki komitmen terhadap penyelenggaraan PAUD sebagai wahana pembentukan mental anak usia dini sebelum lanjut ke pendidikan SD.

“Pada jenjang ini anak-anak akan ditempa mentalnya, diberikan rangsangan pendidikan awal sesuai dengan tahap perkembangan melalui kegiatan pembiasaan atau sering kita dengar dengan istilah bermain sambil belajar,” jelasnya.

Pada tahap perkembangan anak usia pra sekolah ini, anak mulai dididik dan dilatih untuk menguasai berbagai keterampilan fisik dan bahasa.

“Sehingga anak mulai memiliki rasa percaya diri dan kemandiriannya bisa dieksplorasi,” terangnya.

Mengingat pentingnya pendidikan Pra Sekolah, kata Astika, kedepannya PAUD akan diwajibkan kepada setiap anak sebagai salah satu syarat pendidikan sebelum lanjut ke tingkat SD.

“Minimal satu tahun, tujuannya untuk memperkenalkan tata cara belajar kepada anak agar bisa memahami dengan mudah saat masuk ke tingkat SD,” jelasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here