Belasan Motor Listrik Mulai Diujicobakan di Nusa Dua

0
106
Serah terima sekaligus uji coba 12 unit motor listrik dari PT HEIN kepada The Nusa Dua - ITDC

KUTSEL – Kawasan pariwisata Nusa Dua kini dilengkapi 12 unit kendaraan bertenaga listrik baterai. 2-Wheel Electric Vehicle (2WEV) itu adalah bantuan PT HPP Energy Indonesia (HEIN), yang diserahterimakan kepada The Nusa Dua – Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) selaku pengelola kawasan, Senin (28/12/2020).

Managing Director The Nusa Dua I Gusti Ngurah Ardita mengatakan, serah terima 12 unit 2WEV tersebut merupakan tindak lanjut dari Perjanjian Kerjasama Uji Coba EV antara ITDC dengan HEIN pada tanggal 1 Desember 2020 lalu. Berdasarkan perjanjian itu, HEIN akan menyediakan 12 unit 2WEV dan menyiapkan 2 unit Battery Exchanger (BEx) untuk The Nusa Dua selama periode perjanjian yang berakhir pada Juni 2021 nanti. Sementara ITDC sendiri, akan membantu HEIN mengumpulkan data yang diperlukan selama uji coba produk bersangkutan.

“Kami sangat mendukung implementasi program kendaraan listrik ini. Karena ini sejalan dengan komitmen ITDC dalam mewujudkan sustainable tourism,” sebut Ardita terkait kerjasama dengan perusahaan konsorsium dari Group Honda, Panasonic, dan Pasific Consultant tersebut.

Untuk tahap awal, 12 unit 2WEV itu akan dimanfaatkan sebagai kendaraan operasional bagi karyawan dan tenant di Kawasan The Nusa Dua. Sementara untuk BEx, dilokasikan pada dua tenpat yakni di depan Kantor ITDC dan Kantor Security, Safety, and Fire Brigade The Nusa Dua. “BEx ini merupakan anjungan penukaran baterai yang telah habis dayanya, dengan baterai yang sudah terisi penuh,” sambungnya.

“Dengan pemanfaatan Electric Vehicle ini dapat menjadikan The Nusa Dua sebagai kawasan percontohan Bali Energi Bersih. Selain itu, sudah saatnya kita mendukung pariwisata era adaptasi kebiasaan baru melalui implementasi CHSE (Cleanliness, Health, Safety, and Environmental Sustainability) dalam mewujudkan The Nusa Dua sebagai destinasi pariwisata berkualitas yang lebih bersih, aman, dan nyaman. Sehingga dapat menjadi tambahan daya tarik, bagi wisatawan untuk berkunjung,” tambah Ardita.

Hal senada disampaikan oleh Direktur Utama PT HEIN Hisashi Murakami. Kata dia, ITDC sebagai partner kerjasama, akan membantu penelitian tentang pengembangan teknologi transportasi masa depan.

“HEIN menyediakan 12 unit 2WEV kepada ITDC selama jangka waktu perjanjian. Itu sebagai sarana pengumpulan data, guna mendukung penelitian HEIN di bidang penggunaan kendaraan tenaga listrik,” ungkapnya. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here