Harga Lobster Tinggi, Akhir Tahun Nelayan Tabanan Sumringah

0
89
MAHAL : Lobster hasil tangkapan nelayan Tabanan

TABANAN – Akhir tahun, biasanya para nelayan di Tabanan merana. Pasalnya cuaca kurang bersahabat sehingga nelayan tidak berani melaut. Namun Natal dan tahun baru (Nataru) kali ini cuaca bersahabat. Hal ini menyebabkan nelayan di Tabanan sumringah. Kok bisa?

Tentu saja para nelayan sumringah. Bagaimana tidak, dengan cuaca yang bersahabat seperti saat ini, nelayan bisa melaut dengan tenang. Apalagi saat ini lagi musim lobster, sehingga nelayan bisa mendapat hasil lebih bagus. Yang lebih membuat nelayan berbahagia tentu saja harga lobster. Di libur Natal dan tahun baru ini, permintaan lobster meningkat. Hal ini juga berujung pada mahalnya harga lobster.

“Saat ini harga lobster dengan berat 150 gram ke atas, bisa mencapai Rp 400 ribu per kilogramnya,” ungkap Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Kabupaten Tabanan I Ketut Arsana Yasa, Minggu (27/12/2020).

Diakui, dengan harga yang tinggi tersebut, membuat nelayan bergairah melaut dengan cuaca yang bersahabat. Karena hasil yang mereka dapat berlimpah. Pasalnya, harga lobster sedang mahal-mahalnya, akibat permintaan yang tinggi. Pihaknya bersyukur, disaat harga lobster naik tajam, cuaca sangat bersahabat, sehingga nelayan bisa melaut.

“Ini memang di luar perkiraaan, cuaca cukup bersahabat, biasanya akhir tahun seperti ini angin kencang serta hujan lebat sehingga nelayan tidak berani melaut,” sebutnya.  

Dirinya berharap agar, cuaca seperti ini terus terjadi sampai memasuki tahun baru ini. Pasalnya, selam sepuluh tahun terkahir , setiap akhir tahun cauca pasti tidak bersahabat.

“Mudah-mudahan cuacanya terus seperti ini, sehingga nelayan kembali bergairah,” pungkasnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here