Wow! 54 Banjar Sudah Nikmati Wifi Gratis ke Rumah-Rumah

0
443
Warga di 54 banjar sudah bsia menikmati wifi gratis ke rumah-rumah

MANGUPURA – Sebanyak 54 banjar yang ada di Kabupaten Badung telah menikmati fasilitas wifi gratis ke rumah-rumah. Program yang difasilitasi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Badung ini, anggarannya swadaya dari masyarakat.

Kadis Kominfo Badung, IGN Jaya Saputra saat dikonfirmasi Rabu (23/12), menjelaskan program wifi gratis ke rumah-rumah adalah permintaan warga secara swadaya, dengan persetujuan dan fasilitasu Diskominfo.

“Berdasarkan catatan kami ada 50 banjar, tiga desa ada juga sekolah yang mengajukan totalnya hingga 10 Desember ini ada 54 pengajuan dengan rata-rata perbanjar 250 KK, jadi kira-kira mencapai ribuan lebih,” ujarnnya.

Menurutnya, wilayah yang pertama memanfaatkan jaringan internet ke rumah-rumah adalah Desa Bindu pada April 2020. Namun, hingga Desember ini telah mencapai wilayah Kecamatan Petang. Dijelaskan, desa yang telah mengajukan pemasangan jaringan adalah Desa Adat Bindu, Desa Pecatu Kuta Selatan, dan Desa Sembung. Selain desa terdapat juga lingkungan, yakni Lingkungan Angga Swara Jimbaran.

Untuk kuota yang diberikan setiap banjar-banjar kata Jaya Saputra mencapai 100 Mbps. Kuota ini diprioritaskan untuk layanan pendidikan, kesehatan, dan pelayanan pemerintah lainnya. Disebutkan, dalam upaya meningkatkan persaingan dengan pasar modern, Kominfo mengembangkan pasar dengan beragam inovasi sehingga meningkatkan minat masyarakat belanja ke pasar.

Salah satu program yang digagas yakni dengan memasang Wifi Corner gratis di pasar. Hal itu merupakan salah satu inovasi berupa menciptakan startup baru dan e-commerce dalam meningkatkan pertumbuhan perekonomian masyarakat ditengah pandemi Covid-19 dan menumbuhkan kreativitas pembuatan konten. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here