Cegah Libur Nataru Jadi Klaster Covid-19, Satpol PP Pastikan Kesiapan Prokes Objek Wisata

0
153
CEK PROKES : Kasat Pol PP Tabananceka kesiapan prokes objek wisata Yeh Gangga Tabanan jelang libur Natal dan Tahun baru

TABANAN – Memastikan kembali kesiapan obyek wisata di kabupaten Tabanan , khususnya terkait dengan fasilitas protokol kesehatan (Prokes) menjelang libur Natal dan tahun baru (Nataru), Satuan Tugas (Satgas) penanganan Covid19 Tabanan melalui bidang penegakan hukum dan pendisiplinan (Satpol PP) mengecek ke lapangan, Rabu (23/12). Meski sudah tersedia dengan baik dan siap menyambut kunjungan wisatawan, petugas masih menemukan sedikit kekurangan.

Kasatpol PP Tabanan, I Wayan Sarba selaku Koordinator Bidang Penegakan Hukum dan Pendisiplinan mengatakan, kekurangan yang ditemukan tersebut seperti ketersediaan bangku taman yang belum diisi pembatas jaga jarak. Masih adanya restoran yang belum mengatur tata letak jarak mejanya sesuai dengan standar pencegahan penyebaran Covid-19. Begitupun, ketersediaan hand sanitizer di tiap meja.

“Prokes lainnya seperti tempat cuci tangan dan alat pengukur suhu, sudah semuanya tersedia, hanya tinggal melengkapi sedikit kekurangan tersebut, apalagi kunjungan wisatawan ke sejumlah obyek wisata sudah mulai meningkat sejak hari ini (kemarin),”  sebutnya.

Sarba juga meminta agar pengelola obyek wisata khususnya obyek wisata dengan objek yang cukup luas seperti DTW Tanah Lot, DTW Beratan dan Kebun Raya, menambah personil yang bertugas melakukan pengawasan prokes pengunjung menyebar di seluruh jangkauan objek.

“Tentu kami juga ada petugas yang akan bertugas melakukan pengawasan, hanya saja tidak sampai seharian full, inilah yang kami minta pada pengelola untuk sekiranya bisa menambah petugas pengawas untuk bisa menjangkau luasan obyek,” ucapnya.

Pihaknya mensinyalir, wisatawan disiplin di depan, namun ketika di dalam obyek yang cukup luas mereka kendur, seperti ada kerumunan ataupun buka masker.

“Untuk petugas bisa menggunakan seragam untuk membedakan antara pengunjung dan petugas pengawas prokes, sehingga pengunjung bisa lebih tertib Prokes,” tandasnya.(jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here