Bahas Kiruh LPD Anturan, Ini Solusi Tim Pembina LPD Buleleng

0
720
Rapat Tim Pembina LPD Buleleng dengan Bendesa Adat dan Ketua LPD Anturan, mencari solusi terbaik

BULELENG – Kisruh Lembaga Perkreditan Desa (LPD) Anturan Kecamatan Buleleng mulai dibahas intensif oleh Tim Pembina LPD Kabupaten Buleleng. Dimediasi Lembaga Pembina (LP-LPD) Kabupaten Buleleng, Tim Pembina yang diketuai Kepala Bagian Perekonomian dan Pembangunan (Kabagekbang) Setda Buleleng, Gede Sasnita Ariawan, tidak hanya mengidentifikasi likuiditas, deposito, tabungan, kredit macet serta asset, tapi juga sejumlah solusi untuk penyelamatan LPD secara komperhensif.

“Dari pertemuan yang dihadiri Kordinator LP-LPD, BKS-LPD, Bendesa Adat Anturan, Badan Pengawas LPD serta Ketua LPD Anturan, semuanya sudah dibuka. Dan ada sejumlah solusi yang diharapkan dapat dilakukan untuk penyelamatan LPD Anturan,” tandas Sasnita Ariawan, Kamis (10/12/2020) usai memimpin rapat di Sekretariat LP-LPD Kabupaten Buleleng.

Sesuai data dan informasi yang disampaikan, kata Sasnita, tim penyelamat LPD Anturan yang dibentuk melalui paruman sudah melaksanakan identifikasi terkait kewajiban LPD terhadap nasabah. Dua kewajiban tersebut berupa Deposito senilai Rp. 157 Miliyar dan tabungan senilai Rp 49 Miliar.

“Mengacu hasil paruman serta diskusi tadi, ada beberapa solusi yang dihasilkan. Deposito Rp. 157 Miliyar, ditawarkan untuk dirubah menjadi dana penyertaan modal sebesar Rp. 100 Miliyar, sehingga LPD lebih berkonsentrasi pada pengembalian dana deposito Rp 57 Miliar,”ungkapnya.

Selain penyertaan modal, juga ditawarkan pengambilan dana dalam bentuk asset atau barang, baik untuk deposito maupun tabungan.”Solusi ini yang akan dibicarakan lebih lanjut dengan pemilik deposito, Rabu (16/12/2020) mendatang. Akan dilakukan pertemuan khusus,” tandasnya.

Untuk nasabah yang memiliki tabungan dengan total jumlah Rp 49 Miliar, lanjut Sasnita, diberikan solusi pengambilan asset atau barang, melakukan overbooking (pemindahbukuan,red) tabungan dengan kredit.

“Karena ada nasabah, punya tabungan dan disisi lain juga memiliki kredit atau pinjaman di LPD,” terangnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here