Khawatir Roboh, Warga Penarungan Protes Keberadaan Tower

0
124

MENGWI – Warga Banjar Dauh Peken, Desa Penarungan, Kecamatan Mengwi, protes terhadap sebuah tower telekomunikasi yang berada diwilayah Banjar tersebut. Keberadaan tower tersebut dianggap mengganggu kenyamanan warga sekitarnya. Mediasi mengenai protes warga ini tekah dilakukan di Kantor Perbekel Penarungan, Rabu (25/11/2020).

Kelian Dinas Banjar Dauh Peken, I Gede Made Arta Negara mengungkapkan, warga melakukan protes tower telekomunikasi tersebut , karena merasa dibohongi karena pihak profeder tidak melakukan perpanjangan izin, selain itu kondisi tower tersebut dinilai warga sudah lapuk.

“Warga sangat khawatir, ketika hujan-hujan dan angin kencang tower itu roboh. Karean kapasitas untuk penguat sinyal terus ditambah tidak hanya satu alat saja. Selain itu warga pendamping tower tersebut tidak mendapatkan asuransi dari pembangunan tower tersebut,” ungkapnya.

Dikatakan, pada tahun 2010 pemilik tower sempat memberikan dana kepada warga pendamping sebesar Rp 5 juta. Pada saat itu pemilik tower berjanji hanya memperpanjang penggunaan tower tersebut hanya lima tahun, tapi nyatanya penggunaan tower tersebut sudah lebih dari lima tahun hingga saat ini.

Dibagian lain, tokoh masyarakat Desa Penarungan, Wayan Suyasa yang juga Wakil Ketua DPRD Badung menegaskan Pemkab Badung diharapkan segera melakukan koordinasi antar instansi untuk menyelesaikan persoalan ini.

“Dinas Kominfo Badung harus segera memberikan rekomendasi kalau tower tersebut melanggar agar segera ditindak lanjuti oleh Satpol PP Badung,”tegasnya.

Sementara Kepala Dinas Kominfo Badung, IGN Jaya Saputra yang dihubungi terpisah mengatakan, dari hasil mediasi yang dilakukan, pihak penyanding menolak perpanjangan kontrak terhadap alas hak atas menara di Banjar Dauh Peken, Desa Penarungan tersebut. Menurutnya, menara tersebut ada menara backbone yang sangat vital untuk kualitas layanan telekomunikasi. Menyikapi persoalan ini, akan melakukan pembahasan dengan Tim Penataan dan Pengawasan Pembangunan Menara Telekomunikasi (P3MT) Kabupaten Badung. (lit)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here