Pimpin Jasamarga Bali Tol, Adiputra Karang “Kencangkan Ikat Pinggang”

0
104
I Ketut Adiputra Karang diangkat menjadi Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT).

BADUNG – I Ketut Adiputra Karang diangkat menjadi Direktur Utama PT Jasamarga Bali Tol (JBT). Pria berusia 31 tahun asal Gianyar ini tak menyangka bisa menduduki jabatan di salah satu perusahaan BUMN tersebut.

Ditemui, Senin (23/11/2020),  Adiputra Karang mengaku baru sekitar delapan bulan bergabung di PT Jasamarga.  “Bisa dibilang kalau dari segi pengalaman, saya belum banyak. Ketika kumpul Direksi Jasamarga, saya sempat tanyakan itu,” ucap pria kelahiran Jawa Timur, 24 Juni 1990 ini.

Menurunnya pengguna jalan tol di masa pandemi Covid-19 menjadi salah satu “PR” Adiputra Karang.  Januari 2020, tercatat 44.779 pengguna jalan tol dan November ini terjun bebas yaitu 11.072 pengguna. “Terkait kondisi ini, kami tentu harus mengencangkan ikat pinggang. Pengeluaran yang tidak mendesak, kami singkirkan dahulu. Salah satunya gerbang tol dari totalnya 22 gerbang, hanya 12 yang kami operasikan untuk menghemat biaya operasi dan pemeliharaan,” ungkapnya sembari memastikan di tengah situasi sulit belum ada melakukan PHK.

Selain mengencangkan ikat pinggang, Adiputra juga telah merumuskan sejumlah program untuk meningkatkan pendapatan. Salah satunya menggarap potensi usaha lain seperti peluang pemasangan iklan di ruas Jalan Tol Bali Mandara yang hingga saat ini memang belum tergarap. “Kedua, kami juga concern terhadap green technology. Kami melakukan pengembangan (SPKLU) Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik Umum yang di Bali sendiri sudah ada percontohannya pada pool ruas Benoa. Selain itu, kami juga ada kajian terkait Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS). Karena itu kami rasa potensinya sangat besar,” ujar alumnus Fakultas Teknik Universitas Udayana tahun 2011 ini.

Sementara itu, jabatan Direktur Keuangan juga disi putra daerah yaitu I Gusti Putu Arya Budhi Astawa asal Tabanan. Ia merupakan Sarjana Ekonomi lulusan Universitas Airlangga tahun 2005. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here