Bawaslu Ingatkan Pengawas TPS Tak Masuk Angin

0
50
INDEPENDEN : Pengawas TPS yang baru dillantik diminta tidka masuk angin dan independen dalam pengawasan pelaksanaan pemungutan suara

TABANAN – Menciptakan Pilkada yang berintegritas, diperlukan pengawasan yang ketat baik oleh Bawaslu maupun masyarakat. Peran pengawasa di tempat pemungutan suara atau pengawas TPS (PTSP) memiliki peran sangat penting agar pelaksanaan Pilkada 9 Desember berjalan baik dan tidak masuk angin atau tidak mampu menjalankan tugas dengan baik serta menjaga independensi.

Sebanyak 1130 pengawas TPS dilantik secara bertahap oleh Bawaslu Tabanan sesuai dengan jumlah TPS yang ada di Tabanan. Ribuan PTPS yang dilantik selanjutnya akan bertugas selama beberapa hari kedepan sampai dengan jalannnya proses pemungutan suara pilkada Tabanan berlangsung.

“Pelantikan PTPS untuk pilkada Tabanan dilakukan  tiga kali  14-16 Oktober selama tiga hari. usai pelantikan selanjutnya anggota PTPS dimasing-masing kecamatan akan diberikan bimbingan teknis secara tatap muka. Untuk peningkatakan kapasitas pengawas TPS,” ujar Kordiv Pengawasan Bawaslu Tabanan I Ketut Narta usai  pelantikan dan memberikan pembekalan kepada Pengawas TPS Kecamatan Kediri di warung CS Bedha, (16/11/2020).

Narta mengingatkan pengawas TPS untuk tetap menjaga independensi, dan integritas dalam pengawasan pemungutan dan penghitungan suara nanti. Sebagai seorang pengawas yang diamanahkan untuk mengawal pesta demokrasi. Pihaknya juga tidak menginginkan terjadi sesuatu hal-hal sifatnya kecurangan yang terjadi di tempat pemungutan suara.

“Kami tidak menginginkan pengawas TPS masuk angin memihak salah satu paslon. Jadi kami berharap mereka adil bekerja dan sesuai aturan. Karena itu kunci Pilkada sukses digelar,” tegasnya.

Narta mengatakan, pengawas TPS di masa pandemi Covid-19 juga akan dibekali alat kerja sebagai pengawas, namun tetap memperhatikan protokol kesehatan Covid-19. dalam melakukan tugas dan wewenang harus sesuai dengan regulasi. Keberhasilan PTPS mengawal pemungutan dan penghitungan suara menjadi hasil kerja keras PTPS di wilayah masing-masing.

“Keberhasilan  Pengawas TPS merupakan keberhasilan Bawaslu dalam mengawal proses tahapan Pilkada Tabanan Tahun 2020. Peran Bawaslu sangat diharapkan oleh orang atau masyarakat dalam melakukan tugas di Tahapan akhir pemungutan dan penghitungan suara bekerja baik dan berintegritas Pilkada Tabanan 2020 berjalan bebas, jujur dan adil, ” tandas Narta. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here