BNNK Karangasem Lantik 43 Orang Relawan Anti Narkoba

0
388
Pelantikan relawan anti narkoba

KARANGASEM – BNNK Karangasem membutuhkan dukungan dan harus bersinergi dengan banyak pihak dalam memerangi peredaran narkoba di wilayah Kabupaten Karangasem.

BNNK Karangasem bekerja sama dan membentuk relawan anti narkoba di lingkungan instansi Pemerintah Kabupaten Karangasem. Sebanyak 43 orang yang merupakan perwakilan dari seluruh OPD dilantik sebagai relawan narkoba, Kamis (12/11/2020).

Menurut Kepala BNKK Karangasem La Muati, kegiatan ini merupakan implementasi dari Inpres No. 2 Tahun 2020 tentang Rencana Aksi Nasional Pencegahan dan Pemberantasan Penyalahgunaan Peredaran Gelap Narkotika dan Prekursor Narkotika (P4GN).

Kata dia, penyalahgunaan dan peredaran gelap narkotika sudah sangat mengkhawatirkan khususnya pada generasi muda dan merupakan kejahatan yang luar biasa karena jaringannya sistimatis, terorganisir dan rapi.

Kehadiran relawan anti narkotika diharapkan dapat menjadi agen perubahan utamanya di lingkungan masing-masing untuk menggerakan partisipasi aktif masyarakat mencegah penyalahgunaan narkoba.

“Dengan peran strategis yang dimiliki oleh relawan terhadap kelangsungan hidup bangsa, saya sangat mengharapkan relawan anti narkotika akan mampu menjadi garda terdepan dalam menangkap peluang untuk secara aktif memberikan penyuluhan dan pengetahuan kepada masyarakat melalui sosialisasi bahaya narkotika,” ujarnya.

Sementara Sekda Karangasem I Ketut Sedana Merta mengatakan para relawan ini sebagai mitra kerja BNN dalam akselerasi pencegahan dan pemberantasan narkotika. Para relawan ini juga diharapkan dapat memahami tupoksi nya sebagai penyuluh, inisiator, motivator dan fasilitator guna memberikan pemahaman tentang bahaya narkotika.

“Para relawan narkotika ini juga harus mampu membangun jejaring dengan tokoh-tokoh masyarakat dalam rangka pemetaan terhadap wilayah yang di anggap rawan dari bahaya narkotika,” harap Sedana Merta. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here