Disdikpora Buleleng Gelar Workshop SOP Kegiatan Olahraga

0
75


BULELENG – Dibukanya kegiatan latihan dan pembinaan Cabang Olahraga (Cabor) oleh KONI Kabupaten Buleleng mendapat apresiasi Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Kabupaten Buleleng. Selain menginstrusikan pemenuhan sarana prasarana olahraga berbasis protokol kesehatan (prokes) terhadap 36 Cabor yang telah dibuka, Disdikpora Buleleng juga menggelar workshop penyusunan Sistem Operasional Prosedur (SOP) Olahraga Berbasis Prokes.

“Workshop yang menghadirkan narasumber dari Satgas Covid-19 Kabupaten Buleleng, Akademisi, serta KONI Kabupaten Buleleng bertujuan agar seluruh Cabang Olahraga memiliki SOP Latihan, Lomba/Pertandingan berbasis Protokol Kesehatan (Prokes),” tandas Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika, Selasa (10/11/2020) saat membuka workshop di Bali Taman Lovina.

SOP Olahraga Berbasis Prokes, kata Astika, sangat penting untuk dibuat, dimiliki dan dilaksanakan oleh setiap Satuan Pendidikan dan semua Pengurus Kabupaten (Pengkab) Cabang Olahraga yang bernaung dibawah KONI Kabupaten Buleleng.

“Dalam workshop yang dilaksanakan empat hari ini, kita melibatkan peserta dari satuan pendidikan, gugus sekolah dan perwakilan dari 40 Pengkab Cabang Olahraga. Melalui workshop, mereka bisa mengetahui tentang pola penyebaran Covid-19, bagaimana perkembangan penanganan Pandemi Covid-19 oleh Satgas Covid-19 dan kemudian menyusun SOP latihan maupun lomba olahraga berbasis Prokes,” tandasnya.

SOP meliputi berbagai aspek seperti pemenuhan sarana prasarana prokes, teknis hingga pengaturan jarak atlet, official serta penonton ini, diharapkan bisa menjadi pola adaptasi olahraga ditengah Pandemi Covid-19.
Hal senada diungkapkan Ketua KONI Kabupaten Buleleng I Nyoman Artha Widnyana yang mengapresiasi workshop penyusunan SOP olahraga berbasis Prokes sebagai kepedulian Disdikpora terhadap pembinaan atlet di Buleleng.

“Kami apresiasi dengan melibatkan peserta dari seluruh Cabang Olahraga (Cabor) sehingga semua Pengkab yang ada dibawah naungan KONI Kabupaten Buleleng memiliki SOP Kegiatan Olahraga Berbasis Prokes, sebagai pedoman dalam melatih, membina atlet sehingga aman dari Covid-19,” tandasnya.

Dengan penerapan Prokes, KONI Buleleng sudah merekomendasikan 36 dari 40 Cabor untuk melaksanakan kegiatan latihan dan pembinaan atlet.”Kecuali olahraga dengan kontak fisik langsung seperti tinju dan tiga cabor lainnya belum kita buka, termasuk pelaksanaan lomba kecuali dilakukan virtual,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here