Yoga Diklaim Efektif Tangkal Covid-19

0
72
JAGA IMUN : Para yogis mempraktekkan gerakan-gerakan inside flow yoga.

BADUNG  – Aktivitas olah tubuh dan pikiran melalui yoga diklaim mampu menguatkan sistem imun tubuh untuk melawan Covid-19.

“Saya sudah membuktikan itu. Awal Juni lalu, saya membuka kembali studio di Jimbaran dan sampai sekarang tidak ada yang sakit,” ucap  guru yoga Putu Dwijendra, Sabtu (1/11/2020) petang.

Menurutnya,  efektivitas yoga untuk meningkatkan daya tahan tubuh diyakini terbukti sejak ribuan tahun silam. Meski dalam kondisi ekstrem sekalipun, para yogis tetap dalam kondisi sehat. Kenapa itu bisa terjadi ? “Karena dalam yoga kita melakukan yang namanya pranayama yaitu  mengontrol energi untuk membangun daya tahan tubuh melalui pengaturan napas,” jelasnya.

Selain pranayama, juga ada yoga asanas dan meditasi. Ketika semua dilakukan dengan benar dan bersungguh-sungguh, maka diyakini mampu memperkuat sistem imun dalam tubuh. Mood atau suasana hati yang baik juga dirasa menjadi hal penting dalam menjalankan yoga. Di dunia, ada beberapa style yoga yang bisa menjadi alternative, salah satunya inside flow yoga yang kini sedang dilakoni dan dikembangkan anak didiknya, Jane Natalia.

“Membangun mood dalam yoga itu penting. Seperti dilakukan Jane hari ini, mengkemas inside flow yoga dengan menggunakan moment halloween. Sepintas, memang yoga dan halloween ini tidak ada hubungannya.  Tapi ini penting untuk membangun mood atau energi positif dalam melakukan latihan,”ungkapnya.

Segendang sepenarian dengan Puru Dwijendra, instruktur yoga Jane Natalia memastikan bahwa yoga sebagai adalah salah satu alternatif dalam menjaga imunitas tubuh.  “Happy ini penting untuk imunitas tubuh karena tanpa perasaan yang happy atau gembira, jangankan Covid-19, penyakit apapun bisa saja masuk,” sebutnya. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here