Edukasi Prokes Lewat Video ‘Celuluk’

0
58
PUSH UP : Celuluk yang tak pakai masker disuruh push up oleh petugas sebagai bentuk edukasi pada masyarakat.

TABANAN – Agar mudah dipahami  masyarakat, edukasi  dan sosialisasi penerapan protokol kesehatan terutama gerakan  3M (memakai masker, mencuci tangan secara rutin dan menjaga jarak) dikemas dengan sederhana tapi menarik sekaligus menghibur. Bahkan tidak sedikit yang diselipkan dengan paduan seni atau kearifan lokal. Seperti yang dilakukan jajaran Polres Tabanan lewat video edukasi Prokes dengan menggunakan model  ‘Celuluk’. memberi edukasi pada pengunjung DTW Tanah Lot.

Dalam video pendek yang dibuat berlokasi di kawasan wisata Tanah lot, desa Beraban, kecamatan Kediri, Tabanan digambarkan, sesosok celuluk (sosok makhluk seram yang sering dipentaskan dalam pertunjukan seni tradisional Bali) melintas di kawasan wisata Tanah lot. Karena celuluk tersebut tidak memakai masker, Tim Yustisi Polres Tabanan  langsung menghentikan si Celuluk dan diberikan hukuman fisik berupa push up. Disamping hukuman fisik tersebut Anggota Tim yustisi Polres Tabanan Yang diperankan Bhabinkamtibmas Desa Buwit Bripka Dwi Somadi Putra, membagikan masker  kepada para pengunjung DTW Tanah Lot.

Kapolsek Kediri Kompol I Gusti Nyoman Wintara, seizin Kapolres Tabanan AKBP  Mariochristy P.S., Siregar mengatakan, video edukasi dengan nuansa seni ini dilakukan untuk mengedukasi masyarakat melalui unsur kesenian Tradisional Bali. “Dengan demikian masyarakat lebih disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah terjadinya penyebaran covid19 bahkan memutus rantai penyebaran Covid-19,” kata Kapolsek Kediri, Minggu (01/11/2020)

Juru bicara Satgas Penangan Covid-19 Tabanan yang juga Kadis Kominfo Tabanan I Putu Dian Setiawan menghimbau, agar masyarakat tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan, meski kasus sudah melandai. Dengan kondisi ini, masyarakat justru harus semakin waspada dan disiplin agar tidak terpapar Covid dan dan memutus rantai penyebaran Covid-19 di Tabanan. “Jangan sampai kendor, tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dimanapun berada,” himbaunya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here