DPC Peradi Denpasar Berikan Penyuluhan Hukum ke Flobamora Bali

0
55

Pengurus IKB Flobamora dan DPC Peradi Denpasar.

DENPASAR – Pusat Bantuan Hukum (PBH) DPC Peradi Denpasar memberikan penyuluhan hukum kepada para pengurus dari 22 unit duka suka IKB Flobamora Bali, Kamis (29/10/2020). Kegiatan ini tindaklanjut hasil audensi pengurus PBH DPC Peradi Denpasar dengan pengurus Ikatan Keluarga Besar (IKB) Flobamora pada Rabu (21/10/2020) silam.
Ketua Umum IKB Flobamora Bali Yusdi Diaz didampingi Sekum Fredrik Billy dan koordinator media centre Marchel Paga menyambut gembira kerjasama bantuan hukum yang ditawarkan itu.

“Terima kasih kepada segenap pengurus Pusat Bantuan Hukum (PBH) DPC Peradi Denpasar yang telah menginisiasi pemberian bantuan hukum pro bono kepada anggota kami,” kata Yusdi Jumat (30/30/2020)

Ditambahkannya,Flobamora Bali saat ini memiliki 11.608 anggota aktif yang terdata di sistim database online.

”Kami juga memiliki Tim Bantuan Hukum (Bahu Ham) yang memberikan bantuan hukum pro bono bagi anggota sepanjang memenuhi syarat dan ketentuan yang telah ditetapkan organisasi,” tambah Yusdi.

Menurutnya, ada beberapa kasus menonjol yang dialami anggota Flobamora Bali khususnya yang bekerja pada sektor non formal seperti kelalaian pihak pemberi kerja untuk membayarkan gaji. Selain itu ada juga kasus pemutusan hubungan kerja secara sepihak dengan tidak mengindahkan hak pekerja.Terhadap kedua contoh kasus diatas, tim bantuan hukum Flobamora Bali yang dibantu oleh pengurus unit duka suka kerap melakukan pendampingan bantuan hukum pro bono. Hal ini dilakukan untuk memastikan anggota IKB Flobamora Bali kembali mendapatkan haknya.

“Saya berharap penyuluhan dan pendampingan hukum yang akan diberikan DPC Peradi Denpasar dapat memberi manfaat bagi anggota kami,” jelas Yusdi yang belum lama ini dilantik oleh Ketua Umum Pokdar Kamtibmas Nasional dan Kapolda Bali Irjen. Pol. Dr. Drs Petrus Reinhard Golose M.M menjadi Ketua Pokdar Kamtibmas Bhayangkara provinsi Bali itu.

Sementara itu, Ketua DPC Peradi Denpasar Nyoman Budi Adnyana,S.H.,M.H.,CLA.,CPL mengatakan, program penyuluhan hukum dan pendampingan hukum pro bono diberikan agar advokat Peradi bisa berperan aktif bagi bangsa dan negara dalam mewujudkan akses keadilan bagi seluruh lapisan masyarakat, sehingga advokat Peradi memiliki rasa kepedulian sosial dan kepekaan terhadap persoalan di masyarakat.

Sedangkan Ketua PBH DPC Peradi Denpasar dan Kordinator Posbakum Pengadilan Negeri Denpasar, Desi Purnani,S.H.,M.H mengutarakan, ada 25 Advokat Peradi yang siap memberikan pendampingan hukum pro bono dari tingkat kepolisian hingga pengadilan.

“Kami siap memberikan bantuan hukum pro bono bagi pelapor atau terlapor dan memberikan pelatihan paralegal bagi anggota Flobamora Bali,” ujar Desi.

Untuk mendapatkan akses bantuan hukum gratis,pihaknya mensyaratkan Surat Keterangan Tidak Mampu (SKTM), yang dikeluarkan oleh desa setempat dan atau organisasi. (ari)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here