Satgas-PP Covid-19 Buleleng Gelar Tes Swab Massal

0
55


BULELENG – Pelacakan masif melalui test swab massal segera dilakukan Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Buleleng melaui Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 Buleleng. Sesuai rencana, upaya percepatan penanganan Pandemi Covid-19 yang menyasar Aparat Sipil Negara (ASN), Tentara Nasional Indonesia (TNI) dan Polisi Republik Indonesia (Polri) ini bakal digelar Bulan November 2020.

“Ini sudah menjadi instruksi pemerintah pusat melalui BNPB dan Satgas Covid-19 Provinsi Bali, pelacakan secara masif melalui tes swab massal akan dilakukan secara gratis,” ungkap Sekretaris Satuan Tugas (Satgas) Percepatan Penanganan Pandemi Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa, Selasa (27/10/2020) usai mengikuti rapat virtual yang digelar BNPB terkait pelaksanaan test sewab massal sebagai upaya pelacakan masif penyebaran Covid-19.


Suyasa yang juga Sekretaris Daerah (Sekda) Buleleng ini menandaskan, test swab terhadap ASN, TNI dan Polri yang bertugas dalam upaya pencegahan penyebaran Covid-19 dilakukan karena berinteraksi langsung dengan elemen masyarakat.

“Koordinasi sedang dilakukan dengan pihak provinsi dan dipersilahkan mengatur jadwal. Karena akan ada ribuan spesimen yang diambil dan dites di laboraturium RSUP Sanglah,” jelasnya.

Disamping Laboraturium RSUP Sanglah, juga disiapkan Laboraturium PCR RSUD Buleleng.

“Pembangunan fisiknya akan selesai dalam waktu satu minggu ini. Pengaturan alat menghabiskan waktu satu hari, setelah itu bisa beroperasi untuk mengetes spesimen swab. Namun, kapasitasnya masih terbatas, hanya 45 hasil tes swab per hari. Sisanya dibawa ke RSUP sanglah,” tandas Suyasa meyakinkan.

Dengan kapasitas alat yang ada, kata Suyasa, penentuan jadwal pengambilan material swab juga sangat penting untuk diperhitungkan.

“Mengingat akan ada ribuan spesimen. Disisi lain, petugas yang mengambil spesimen tes swab jumlahnya terbatas, termasuk bahan dan alat yang digunakan untuk pengambilan spesimen,” ungkapnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here