Buka Fasilitas Olahraga, Ingat Protokol Kesehatan

0
92
Sejumlah atlet mulai berlatih di Lapangan Tenis Bhuwana Patra Singaraja

BULELENG – Secara bertahap, KONI Kabupaten Buleleng telah membuka sejumlah sarana-prasarana olahraga yang ada di GOR Bhuwana Parta Singaraja. Selain status darurat non alam (kesehatan,red) Kabupaten Buleleng yang kini sudah menjadi oranye, pembukaan fasilitas olahraga seperti tenis lapangan, bulutangkis, basket, futzal dan volly juga diharapkan dapat merelaksasi aktifitas warga masyarakat pada masa Pandemi Covid-19.

“Secara bertahap sudah dibuka sejak beberapa minggu lalu. Sekitar 17 cabang olahraga, yang sudah memiliki regulasi, ketentuan latihan berbasis protokol kesehatan,” tandas Ketua Umum KONI Kabupaten Buleleng, I Nyoman Artha Widnyana, Minggu (25/10/2020) usai memantau kegiatan olahraga di GOR Bhuwana Patra Singaraja.

Mantan Dirut PDAM Kabupaten Buleleng ini menegaskan, pembukaan fasilitas olahraga yang ada di GOR Bhuwana Patra Singaraja dilakukan bertahap dan terbatas.

“Bertahap, agar bisa dilakukan pemantauan, kajian dan evaluasi terkait ketaatan dari atlet maupun warga masyarakat dalam menerapkan protokol kesehatan saat melakukan aktifitas olahraga. Ini tentu sangat penting, jangan sampai tempat olahraga menjadi klaster baru penyebaran Covid-19, sehingga kita mewanti-wanti atlet, pelatih dan warga masyarakat agar taat disiplin untuk menerapkan protokol kesehatan,” tandasnya.

Terbatas, karena hanya diperkenankan pada olahraga tanpa kontak tubuh atlet secara langsung seperti tenis, bulutangkis dan yang lain sejenisnya.

Terhadap cabang olahraga yang memiliki gerakan kontak tubuh atlet secara langsung, kata Artha Widnyana, masih belum dibuka seperti pencak silat, karate terutama komitte, gulat dan lain sejenisnya.

“Selain belum ada rekomendasi dari KONI Pusat, cabang olahraga yang memiliki gerakan kontak langsung tubuh atlet ini, sangat beresiko terhadap penularan Covid-19 melaui droplet (lendir dalam tenggorokan,red). Sehingga, sementara ini belum kami rekomendasikan untuk bisa dilaksanakan,” tegasnya.

Selaku ketua organisasi penatakelola kegiatan keolahragaan di Kabupaten Buleleng, Artha Windnyana mengajak dan mengimbau segenap insan olahraga agar tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan saat melakukan kegiatan olahraga.

“Jaga kebugaran tubuh, disiplin menerapkan protokol kesehatan, sehingga tidak tertular atau menularkan Covid-19,” pungkasnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here