KPU Pinjam GOR Debes untuk Simpan Logistik Pilkada

0
59
KPU cek GOR Debes yang akan dijadikan gudang logistik Pilkada (ist)

TABANAN – Pelaksanaan pencoblosan Pilkada serentak semakin dekat.  KPU kini akan disibukkan dengan kedatangan logistik pemilu seperti surat suara, kotak suara maupun logistik lainnya. KPU sendiri kesulitan untuk penyimpanan logistik tersebut sehingga berencana meminjam GOR Debes baru untuk lokasi penyimpanan logistik Pilkada.

Terkait hal tersebut, jajaran KPU Tabanan berkunjung ke GOR Debes Tabanan, Selasa (20/10/2020) untuk meninjau lokasi GOR yang direncanakan dijadikan tempat penyimpanan sementara logistik KPU seperti Kotak Suara dan termasuk juga proses pelipatan surat suara nantinya. Bahkan, pihak KPU Tabanan juga akan memasang CCTV di lokasi penyimpanan logistik tersebut untuk memantau situasi dan kondisi selama logistik diletakan di sana. “Kami meminjam ¬†GOR Debes untuk menyimpan logistik Pilkada termasuk proses pelipatan dan pendistribusian,” kata Komisioner Divisi Teknis KPU Tabanan, Ni Luh Sunadi.

Dijelaskan, sebelum melakukan peninjauan ke lokasi, pihaknya telah bersurat ke Pemkab Tabanan dalam hal ini KONI Tabanan untuk memohon peminjaman GOR Debes sebagai gudang logistik dan telah disetujui. Hanya saja karena lama tak difungsikan, GOR yang digunakan untuk perhelatan Porprov Bali 2019 lalu ini agak sedikit kotor dan harus dilakukan pembersihan. “Kami melakukan pinjam pakai untuk sarana seperti listrik kita yang tanggung. Tadi (kemarin) kami sudah meninjau GOR tersebut namun  banyak kotoran burung dan harus dibersihkan terlebih dahulu. Sehingga pada saatnya, GOR sudah layak pakai,” jelas Sunadi.

Diakui, banyak faktor, GOR Debes digunakan sebagai tempat penyimpanan logistik Pilkada Tabanan 2020 ini. Diantaranya, pihak KPU tidak ada anggaran untuk sewa gudang. Ruangan yang digunakan tersebut mencukupi untuk menempatkan sekitar 1.170 kotak suara. Kemudian juga untuk menjamin keutuhan kotak suara tersebut, mengingat bahan dari logistik tersebut terbuat dari kardus. Sehingga, diputuskan di GOR Debes ini karena dirasa bisa bermanfaat dalam banyak hal. Baik itu menjamin keamanan dan terhindar dari cuaca saat ini yang mulai memasuki musim hujan. “Kalau di tempat lama yakni Lapangan Tenis Dangin Carik  tak mencukupi dan berpotensi terkena cipratan air ketika hujan turun. Sehingga, dari pengalaman tersebut kami memilih untuk meminjam GOR Debes agar lebih aman,” akunya.

Selain terjamin dari segi fisik, kata dia, pihaknya bersama Polri akan tetap menyiagakan personel agar ruangan penyimpanan logistik tersebut terpantau selama 24 Jam. Nantinya, salah satu petugas dari KPU dan Polri yang akan disiagakan terutama pada malam hari. Sebab, pada siang hari kemungkinan masih ramai karena masih ada petugas yang melakukan pelipatan surat suara. “Kami juga akan siapkan CCTV untuk memantau aktivitas di lokasi,” ucapnya. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here