Ini Cara Ashram Gandhi Puri Berbagi Sehat Paling Mudah Saat Masa Pandemi Covid-19

0
48
Ida Rsi Putra Manuaba (pegang mix) menjadi salah satu pembicara dalam pertemuan Yogi-Yogini se Bali yang diadakan di Ashram Gandhi Puri, Minggu (4/10/2020)

KLUNGKUNG – Ashram Gandhi Puri di Desa Paksebali, Kecamatan Dawan, Kabupaten Klungkung mempertemukan para yogi-yogini se-Bali, Minggu (4/10/2020). Kegiatan bertema Temu Kangen Yoga se-Bali ini menjadi salah satu cara pihak Ashram Gandhi Puri berbagi sehat di tengah masa pandemi Covid-19.

Kegiatan yang dimotori Ida Rsi Putra Manuaba ini tetap mengedepankan protokol kesehatan.

“Saya sangat bahagia melihat antusiasme para yogi dan yogini yang berbondong-bondong untuk segera mendaftarkan dirinya ikut, tetapi karena situasi Covid saya juga harus membatasi peserta yang hadir.” ujar Ida Rsi Putra Manuaba.

Kegiatan menghadirikan narasumber profesional dan telah memiliki jam terbang yang luar biasa pada bidangnya masing-masing. Guru Made (komunitas Yogabung Buleleng) mengawali acara dengan doa bersama serta ucapan selamat datang kepada seluruh peserta yang hadir.

Kemudian dilanjutkan dengan sesi Asanas, Etimology serta Healing diisi oleh Guru Wiru Gustu (Denpasar), sesi Pencerahan oleh Ida Rsi Putra Manuaba (Ashram Gandhi Puri), Detox Meditation oleh Guru Ady Gunawan (Ubud), Acro Yoga Show oleh Guru Agus Tarci (Nusa Lembongan), Inisiasi senyum oleh Guru Arsia (Komunitas Smile Yoga Karangasem), dilanjutkan dengan Salam Ketawa Bahagia oleh Guru Eka Sukma (Gianyar), Hiburan Senam Bahagia oleh Guru Kadek Sukiati (Denpasar), dan diakhiri dengan Golden Flower Meditation oleh Guru Natha (Yoga Lokanatha, Bangli).

“Kegiatan ini saya garap bertujuan untuk dapat mempersatukan seluruh Yogi di Bali, menyamakan visi dan perspektif, dan menununjukkan bahwa pada dasarnya kita semua sama. Terbukti seluruh peserta datang dari segala penjuru dan inilah pesan pada kita bahwa jarak bukanlah sebagai penghalang melainkan pemersatu. Semasih kita memijak bumi yang sama dan munjunjung langit yang sama, maka kita dipersatukan pada kehidupan yang sama,” tegas Ida Rsi Putra Manuaba.

Sanggham Festival diisi dengan pertemuan Yoga-Yogini seBali. Kegiatan ini masih serangkaian perayaan Gandhi Jayanti 151 th

Menurut Ida Rsi Putra Manuaba, kegiatan ini sebagai media sharing serta berbagi sehat pada setiap kalangan masyarakat yang membutuhkan. Sebab, yoga memberikan kontribusi yang signifikan pada masa pandemi saat ini.

“Dengan jalan yoga kita dapat mengatasi segala jenis penyakit dalam diri khususnya pada masa pandemi Covid19 ini. Dalam Yoga Healing dan Meditasi dijelaskan bahwa obat yang mujaraf berasal dari dalam diri kita sendiri. Penyakit apapun dalam diri akan disembuhkan oleh diri kita sendiri,” ungkap Ida Rsi Putra Manuaba.

Lanjutnya, ketika kita mampu mengontrol pikiran berarti akan mampu menghilangkan rasa sakit dalam diri dan ketika kita mampu mengontrol nafas kita melalui latihan pranayama, maka secara perlahan telah mampu mengobati bahkan menghilangkan sumber-sumber sakit tersebut.

“Yoga menjadi olahraga yang sangat mudah dilakukan khususnya di era pandemi saat ini. Tak perlu keluar rumah untuk pergi ke tempat olahraga atau lapangan, yoga ini dapat dilakukan di rumah dan sangat sederhana. Cukup duduk hening dengan menyadari setiap tarikan dan hembusan nafas sudah dapat dikatakan beryoga meditasi, “demikian Ida Rsi Putra Manuaba.

Kegiatan ini juga masih rangkaian perayaan Gandhi Jayanti 151 th. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here