Screening Calon Pendonor Plasma, Ini Harapan Wabup Buleleng

0
54

Proses donor plasma darah dari mantan pasien Covid yang sudah sembuh


BULELENG – Screening terhadap puluhan calon pendonor darah untuk Terapi Plasma Konvalesen, dilakukan Tim PMI Cabang Buleleng dan RSAD Wirasatya. Setelah screening dan dinyatakan sehat atau terbebas dari virus lainnya seperti HIV, darah dari penyintas (pasien Covid-19 yang dinyatakan sembuh,red) akan diambil sebagai bahan Terapi Plasma Konvalesen.

“Donor darah dilakukan oleh Penyintas Covid-19, orang yang pernah terkonfirmasi positif Covid-19 dan sudah dinyatakan sembuh setelah mendapatkan hasil swab negatif,” ungkap Wakil Bupati (Wabup) Buleleng, I Nyoman Sutjidra, Sabtu (3/10/2020) saat menghadiri kegiatan Donor Darah Plasma serangkaian HUT TNI Ke-75 di RSAD Wirasatya Singaraja.

Pada acara yang dihadiri Ketua DPRD Buleleng Gede Supriatna, Wakil Ketua TP-PKK Buleleng Nyonya Ida Ayu Wardhani Sutjidra dan Tim PMI Provinsi Bali tersebut, Sutjidra yang juga Ketua PMI Cabang Buleleng menandaskan hasil screening diharapkan segera bisa didapatkan.”Proses screening dilakukan untuk mengukur titer antibodi dari Penyintas Covid-19, dan hasilnya sore ini diharapkan sudah bisa didapatkan,” ujarnya.

Darah yang memiliki titer antibody tinggi akan diproses lebih lanjut untuk pemisahan plasma.”Proses memisahkan sel darah dengan plasma akan dilakukan di Denpasar,” tandasnya. Sutjidra berharap terapi, yang sudah diuji coba di Jakarta dan berhasil ini dapat membantu penanganan pasien Covid-19 dengan gejala berat dan kritis.

Wabup Sutjidra menyaksikan donor plasma darah.

Hal senada diungkapkan Komandan Komandi Distrik Militer (Dandim) 1609/Buleleng, Letkol Inf Muhammad Windra Lisrianto. Pada kegiatan donor darah yang dilaksanakan serangkaian peringatan HUT Ke-75 TNI ini, terkumpul 147 kantong darah dari 204 pendonor yang terdaftar. “Darah yang terkumpul, Golongan A sebanyak 26 kantong, B 51 kantong, AB 8 kantong dan O sebanyak 62 kantong, dan semuanya dinyatakan negatif Covid-19 ini akan disalurkan untuk kegiatan kemanusiaan melalui PMI,” jelasnya.

Sementara dari 51 pendonor darah plasma, yang dapat diambil samplenya sebanyak 34 orang. “Donor darah plasma dari penyintas Covid-19 ini, akan diproses lebih lanjut di Denpasar,” tandas Windra sembari menyebutkan pemerintah daerah dan Kodim 1609/Buleleng mengapresiasi sumbangsih Penyintas Covid-19 dengan memberikan Piagam Penghargaan. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here