Sembuhkan Pasien Covid-19, TNI Kerja Keras Ke Desa-Desa Cari Pendonor Plasma

0
112

Kodam IX Udayana gelar donor konvalesen serangkaian HUT ke-75 TNI

KLUNGKUNG- Tentara Nasional Indonesia (TNI) punya peran ikut menangani pandemi Covid-19. Salah satu upaya yang dilakukan mengadakan donor plasma darah atau terapi donor konvalesen.

Kodam IX Udayana, melaksanakan donor konvalesen, salah satunya dipusatkan di Kodim 1610/Klungkung. Kegiatan yang juga serangkaian HUT ke-75 TNI dilaksanakan, Kamis (1/10/2020) melibatkan 23 pendonor. Para pendonor merupakan pasien Covid-19 yang sudah sembuh ini didatangkan dari tiga kabupaten, Kabupaten Klungkung,Bangli dan Kabupaten Karangasem.

Pihak Kodim 1610/Klungkung harus kerja keras turun ke desa-desa mengumpulkan pendonor plasma darah. Sebab, untuk bisa diambil plasma darahnya selain harus memenuhi banyak kreteria, ada juga beberapa pendonor merasa khawatir.

“Memang ada beberapa kendala untuk memenuhi persyaratan seperti umur 17 tahun sampai 60 tahun, kalau perempuan
belum melahirkan, tidak pernah transfusi darah,” ungkap Komandan Kodim 1610/Klungkung Letkol Czi Paulus Joni Simbolon.

Perwira menengah ini juga menyampaikan ada kekhawatiran pendonor, sehingga anggota TNI harus menjelaskan sekaligus mensosialisasikan tentang donor plasma.

“Kami sampaikan setitik darah sangat berguna untuk orang lain. Kegiatan ini untuk masyarakat Bali (pasien Covid-19),” imbuh Joni Simbolon. Hasil donor plasma ini nantinya akan diteruskan kepada pasien Covid-19 yang masih menjalani perawatan.

Kadis Kesehatan Kabupaten Klungkung dr Ni Made Adi Swapatni menyatakan donor plasma merupakan salah satu terapi antibodi kepada pasien Covid-19 guna menekan angka kematian.

“Konvalesen salah satu upaya terapi antibodi untuk pasien Covid-19,” tegasnya.

Wabup Klungkung I Made Kasta yang ikut memantau pelaksanaan donor plasma ini menyambut positif kegiatan yang dilaksanakan pihak Kodam IX Udayana. Wabup juga menyarankan agar dilakukan sosialisasi sehingga tidak ada kekhawatiran dari pendonor. “Saya menyambut positif kegiatan ini, mudah-mudahan kegiatan ini bisa dilaksanakan secara berkelanjutan dan dapat menekan angka kematian pasien Covid-19,” demikian Wabup Made Kasta. (yan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here