Masih Zona Merah, Karangasem Belum Bisa Belajar Tatap Muka

0
138

Kadis Pendidikan I Gusti Ngurah Kartika

KARANGASEM – Kabupaten Karangasem belum bisa mengadakan pembelajaran melalui sistem tatap muka.

Pasalnya, menurut Kadis Pendidikan I Gusti Ngurah Kartika, status Karangasem terkadang di posisi zona merah. Sementara belajar tatap muka hanya diperboleh pada daerah dengan zona hijau dan kuning.

“Kalau dulu masih dibuka di daerah berzona hijau saja, namun sekarang diperluas, diperbolehkan dibuka pembelajaran tatap muka di daerah berzona hijau dan kuning. Namun di Karangasem belum bisa tatap muka karena masih berada pada zona orange terkadang juga merah,” tandas Kartika, Selasa (25/8/2020).

Siswa di Karangasem, sejak bulan Maret 2020 hingga saat ini masih mengambil sistem pembelajaran jarak jauh. Meski diakuinya banyak kesulitan yang dihadapi, sehingga muncul keluhan masyarakat.

Keluhan tidak hanya datang dari orang tua siswa namun juga dari guru itu sendiri. “Memang kegiatan ini baru, mungkin belum terbiasa bagi guru dan sekolah pasti ada keluhan,” katanya.

Keluhan itu diantaranya, minimnya fasilitas seperti handphone karena tidak semua orang tua mampu membelikan handphone pada anaknya, jangkauan sinyal yang tidak merata di setiap daerah terutama di pelosok-pelosok, kemampuan anak didik dalam pengoperasian handphone dan yang paling banyak dikeluhkan ialah biaya kuota yang memakan biaya tak sedikit.

Untuk itu pihaknya sudah melakukan evaluasi kepada sekolah, bagaimana melaksanakan pendidikan ini tak semata dengan daring (dalam jaringan) namun juga during (di luar jaringan). (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here