Tahanan Polres Buleleng Terpapar Covid-19, GTPP Serukan Desinfeksi

0
1156

Dua tahanan Polres Buleleng terpapar Covid-19


BULELENG – Penyebaran Covid-19 memang tak pandang ‘bulu’, umur, status maupun profesi. Tempat atau klaster penyebarannya juga, saat ini tidak bisa diduga. Tak hanya dalam keluarga, kantor/tempat kerja, kampus, maupun arena tajen, sel tahanan juga mulai disasar virus corona yang muncul kali pertama di wuhan – tiongkok. Sesuai laporan dari Tim Medis Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Buleleng, 2 orang tahanan Polres Buleleng dinyatakan terkonfirmasi atau positif Covid-19.

“Dari hasil swab yang dilakukan berdasarkan permintaan Polres Buleleng, dua tahanan hasil swabnya positif,” tandas Sekretaris GTPP Covid-19 Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa, dikonfirmasi Rabu (19/8/2020) petang.


Selain menyerukan untuk dilakukan disinfeksi terhadap ruang tahanan, kata Suyasa yang juga Sekda Kabupaten Buleleng, Tim Medis GTPP Covid-19 Buleleng juga sudah mengevakuasi dua tahanan Polres Buleleng ke RSP Giri Emas untuk menjalani isolasi. “Dua tahanan yang hasil swabnya positif, sudah dititip di RSP Giri Emas untuk mendapatkan perawatan Covid-19,” tandas Suyasa.

Ditambahkan,bperawatan medis terhadap dua tahanan tersebut dijaga oleh aparat kepolisian. Terkait bagaimana dan darimana tahanan terpapar Covid-19, Suyasa menyatakan masih dalam penelusuran Tim Medis GTPP Covid-19 Buleleng. “Sesuai dengan protokol penanganan Covid-19, Tim Medis akan melalukan tracing terhadap orang yang memiliki kontak erat dengan pasien/kasus terkonfirmasi, sehingga penularannya dapat diminimalisir,” tandasnya.


Dikonfirmasi terpisah, Kasat Tahti Polres Buleleng Ipda Made Anayasa membenarkan adanya dua tahanan di Hotel Prodeo Polres Buleleng yang terkonfirmasi atau positif Covid-19.”Benar, ada dua tahanan yang hasil test swabnya positif,” ungkapnya. Dua tahanan tersebut, merupakan titipan jaksa penuntut umum (JPU) Kejaksaan Negeri Singaraja. “Dua tahanan itu titipan jaksa, sehingga konfirmasinya lebih baik kepada jaksa. Kalau total jumlah tahanan yang ada di Sel Tahanan Polres Buleleng itu sebanyak 25 orang, dan yang hasil test swabnya positif hanya 2 orang,” tandasnya.

Sebagai antisipasi, pihaknya hanya melakukan desinfeksi sel tahanan dan areal sekitarnya. “Untuk pemindahan tahanan, khususnya tahanan titipan JPU akan dikoordinasikan lebih lanjut dan menunggu keputusan dari pihak Kejaksaan Negeri Buleleng,” pungkasnya.(kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here