Penyaluran BSU Kacau, Komisi Dua ‘Gerudug’ Dinas Koperasi

0
374

KARANGASEM – Komisi II DPRD Karangasem ramai-ramai gerudug (mendatangi) Kepala Dinas Koperasi Karangasem I Nengah Toya, Selasa (11/8/2020).

Kedatangan rombongan Komisi II berbekal kecurigaan penyaluran bantuan stimulus usaha (BSU) tidak taat asas, tidak tepat sasaran. Indikasinya, Komisi II mendapatkan informasi dari sejumlah masyarakat, ada penerima BSU merupakan istri dari seorang PNS, ada juga penerima BSU merupakan anak dari oknum anggota DPRD.

“Kami di DPRD Kabupaten Karangasem yang membidangi masalah koperasi, melakukan inisiatif untuk rapat kerja ternyata rapat kerja batal hari itu dan dibatalkan sepihak dengan alasan administrasi tidak lengkap,” ujar Ketua Komisi II I Komang Sartika.

Komang Sartika mencurigai adanya beberapa oknum yang bermain di dalamnya sehingga BSU penyalurannya tidak tepat sasaran.

“Kami sebagai refresentatif rakyat Karangasem setelah pulang dari sidak agar bisa menjawab pertanyaan masyarakat. Karena data yang kami terima dari masyarakat. Bukan kami yang cari data namun masyarakat yang memberikan data melalui media sosial, kami di messenger, di WA oleh mereka-mereka yang tidak dapat BSU itu, mereka juga bikin status di facebook sehingga keluhan masyarakat banyak di medsos,” ungkap Sartika.

Sementara Kadis Koperasi Karangasem I Nengah Toya mengatakan dirinya tidak sempat mengecek ke bawah karena data yang ia terima sangat banyak. “Dari banyaknya usulan itu kami terbatas tenaga, jadi kami tidak mengetahui. di desa kan sebetulnya sudah ada rekomendasi kepala desa dan rekomendasi bendesa adat bahwa yang bersangkutan memang betul sesuai kriteria, kami tidak mungkin ngecek PNS satu persatu,” ujar I Nengah Toya. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here