Komisi II Sidak Proyek Puskesmas Banjarangkan II, Sorot Akses Masuk Membahayakan

0
38
Rombongan Komisi II DPRD Klungkung saat sidak proyek relokasi Puskesmas Banjarangkan II

KLUNGKUNG-Komisi II DPRD Klungkung saat sidak ke lokasi Puskesmas Banjarangkan II, Selasa (11/8/2020) menemukan ada kendala tehnis yakni akses masuk menuju basement terlalu curam dan membahayakan. Selain itu, basement dinilai rawan banjir, sehingga muncul kekhawatiran para wakil rakyat ini, basement tidak berfungsi maksimal bahkan cenderung tidak bisa digunakan.

Ketua Komisi II Wayan Misna menyampaikan, akses masuk menuju basement tidak terlalu panjang namun kondisinya sangat curam dan langsung ada tikungan, sehingga sangat membahayakan bagi kendaraan roda empat. “Aksesnya sudah pendek, curam dan ada tikungan. Sepertinya perencanaannya tidak mempertimbangkan faktor resiko,” ungkap Misna. Misna politisi PDIP ini juga melihat basement rawan terjadi banjir saat hujan, karena diatas askses masuk tidak ada atap. “Meskin di basement ada gorong-gorong, tapi tidak terlalu besar. Pas hujan saya khawatir air tertampung di basement,” ujar politisi asal Nusa Penida ini.

Terkait dengan temuan di lokasi ini, Misna berencana bakal mengundang Dinas PU dalam rapat koordinasi. “Nanti akan saya jadwalkan untuk mengundang Dinas PU. Bagaimana ini arsiteknya, apa tidak mengerti faktor resiko,” katanya. Lanjut dia, temuan lainnya hampir tidak ada masalah. Baik bangunan gedung maupun proyek pembangunan tembok yang sedang dikerjakan menurutnya, tidak ada masalah. “Gedungnya kan dikerjakan tahun 2019, sudah selesai tinggal menunggu selesainya pekerjaan tembok yang tahun ini dikerjakan,” tandas Misna.

Proyek relokasi Puskesmas Banjarangkan II dibangun secara bertahap. Tahun 2019 dialokasikan anggaran sebesar Rp 7,9 miliar, diantaranya digunakan untuk pembangunan gedung. Tahun 2020, kembali dialokasikan anggaran sekitar Rp 200 juta lebih untuk pembangunan tembok penyengker serta penataan basement. Puskesmas Banjarangkan II saat ini beroperasi di Dusun Banda, Desa Takmung. Tapi lokasinya tidak refresentatif, selain karena lahannya tidak terlalu luas juga tidak memiliki tempat parkir. (*/yan)    

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here