Berulang Kali Dilepasliarkan di Kuta, Penyu Hijau Belum Pernah Kembali Bertelur

0
50
DILEPASLIARKAN : Polairud Polda Bali melepasliarkan Penyu Hijau di Pantai Kuta.

KUTA – Direktorat Polairud Polda Bali bersama Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) melepasliarkan 25 ekor penyu hijau di kawasan Pantai Kuta, Rabu (5/8/2020) sekitar pukul 08.00 Wita. Satwa  dilindungi Undang-Undang itu hasil pengungkapan dua pekan lalu di Pantai Serangan yang hendak diselundupkan delapan orang pelaku.

Koordinator Kuta Beach Sea Turtle Conservation Center IGN Tresna mengatakan, penyu hijau dewasa sudah beberapa kali dilepasliarkan di pesisir Pantai Kuta. Namun hingga kini, belum satupun datang kembali untuk bertelur.  “Itu proses alami penyu hijau. Walaupun saat besar penyu dilepas di Kuta, maka dia akan kembali ke tempatnya menetas terdahulu untuk bertelur,” katanya.

Di pesisir Pantai Kuta, kata IGN Tresna, kebanyakan yang datang untuk bertelur adalah jenis penyu lekang karena banyak telur penyu lekang yang menetas di pesisir Pantai Kuta.

Sempat terlintas dalam benak Tresna mencoba menetaskan telur penyu hijau di pesisir Pantai Kuta. Namun, hal itu tidaklah mudah karena ada proses yang harus dilalui seperti pencarian dan pemindahan telur termasuk pula soal perizinan. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here