Gubernur Koster Dorong Pers Berikan Informasi Berkualitas

0
51

Gubernur Koster bersama Nyonya Putri Koster menyaksikan pelantikan pengurus PWI Bali periode 2019-2024.

DENPASAR – Gubernur Bali Wayan Koster dan Ketua TP PKK Provinsi Bali Ny. Putri Suastini Koster menghadiri Pelantikan Pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Bali dan Ikatan Keluarga Wartawan Indonesia (IKWI) periode 2019 – 2024 di Gedung Wiswa Sabha Utama, Kantor Gubernur Bali, Denpasar, Jumat (24/7/2020).

Dalam sambutannya Gubernur Bali Wayan Koster, ada tiga hal yang ditekankan. Gubernur Koster mengatakan, memahami betul pentingnya peran organisasi profesi wartawan sebagai bagian dari masyarakat pers dalam meningkatkan kualitas karya jurnalistik terutama pada era keterbukaan informasi saat ini. Menurut Gubernur Koster, pers sepatutnya memiliki wadah yang mumpuni seperti PWI. Oleh karena itu, Pemerintah Provinsi Bali akan memfasilitasi PWI dalam rangka meningkatkan kualitas informasi yang disajikan kepada masyarakat. “Pelatihan-pelatihan yang diperlukan silakan dilaksanakan oleh PWI kami akan memfasilitasi karena sekarang tuntutannya itu makin tinggi, kualitas informasi yang harus disampaikan kepada masyarakat itu harus makin efektif, makin menarik dan itu bisa dipahami dengan mudah,” kata Gubernur yang juga Ketua PDIP Provinsi Bali ini.

Ia menyampaikan selamat kepada pengurus PWI yang baru dilantik dan berharap dapat melaksanakan tugas dengan baik selama masa baktinya d2019-2024.

Selain itu, Gubernur Koster juga menyinggung soal penanganan Covid-19 yang sudah dilakukan dengan baik. Terbukti dengan tongkat kesembuhan ditas 70 persen. Terkait kesembuhan pasien Covid-19, juga dilalukan terapi arak yang terbukti efektif.

Gubernur Bali I Wayan Koster saat memberikan sambutan salam pelantikan PWI Bali periode 2019-2024 di Gedung Wiswa Sabha.

Point ketiga yang juga ditekankan Gubernur Koster terkait sektor kepariwiaataan Bali yang memprihatinkan dengan tidak adanya kunjungan akibat Covid-19. Namun kini dengan mulai diterapkan adaptasi kebiasaan baru, pariwisata kembali dibuka secara bertahap dengan mulai pembukaan obyek wisata di Bali. Selian itu mulia 31 Juli ini wisata Bali dibuka untuk wisatawan nusantara atau domestik. Dan di bulan September wisatawan mancanegara. Pihaknya berharap kembali normla sehingga pariwisata Bali hidup yang berujung pada menggeliatnya perekonomian masyarakat. Namun demikian, ketika obyek wisata dibuka harus tetap disiplin menerapkan protokol kesehatan dan obyek wisata telah tersertifikasi sesuai standar adaptasi kebiasaan baru.

Ketua Umum PWI Pusat Atal Sembiring Depari mengajak PWI Bali untuk terlibat aktif memberikan kesadaran kepada masyarakat terhadap pelaksanaan protokol kesehatan Covid-19. “Kami terus mendorong terutama disiplin untuk protokol kesehatan ini masyarakat kita tolong supaya cepat selesai di sini,” ujarnya.

Ia berharap provinsi Bali bisa segera bangkit dengan industri pariwisatanya yang saat ini dalam keadaan terpuruk akibat Covid-19. “Karena Bali ini adalah lokomotif pariwisata nasional,” tegasnya.

Atal S. Depari memberi apresiasi atas inisiatif Pemerintah Provinsi Bali yang telah membantu media di Bali melalui insentif kerjasama untuk mengurangi dampak yang dirasakan pekerja pers akibat pandemi Covid-19.

Pelantikan pengurus PWI hasil konferensi yang diselenggarakan pada akhir tahun 2019 lalu sedianya dilakukan pada bulan Maret 2020. Namun akibat virus Covid-19, pelantikan baru bisa terlaksana pada bulan Juli ini dengan memperhatikan protokol kesehatan Tatanan Kehidupan Era Baru.

Ketua PWI Bali IGMB Dwikora Putra periode 2019-2024 mengatakan, PWI Bali telah terlibat aktif dalam percepatan penanganan Covid-19 di Bali dengan melakukan kegiatan sosial. Namun yang terpenting bagaimana wartawan memberikan informasi yang benar dan melakukan edukasi kepada masyarakat bagaimana menghadapi pandemi Covid-19.

Ia berharap media bisa mengedukasi masyarakat tanpa menimbulkan ketakutan. “Bagaimana kita menyikapi secara benar baik dengan protokol kesehatan atau dengan cara-cara yang lain yang memang bisa kita lakukan,” kata Pemred Harian Umum Warta Bali ini. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here