Ibu PKK Ini Manfaatkan Balai Banjar untuk Tempat Pembibitan Tanaman

0
69
KREATIF : Bupati Gianyar I Made Mahayastra melihat bibit tanaman di halaman Balai Banjar Tengah, Desa Bedulu, Gianyar.

GIANYAR – Aktivitas ibu-ibu PKK di Banjar Tengah, Desa Bedulu, Gianyar, patut diapresiasi. Mereka memanfaatkan balai banjar untuk membuat sekaligus menanam beragam bibit tanaman.

Kegiatan bercocok tanam itu sudah dilakukan selama 2,5 bulan. Sebagian bibit tanaman dibuat sendiri dan ada juga dari sumbangan serta membeli. “Itu digarap oleh ibu-ibu PKK Banjar Tengah sejak banyak yang dirumahkan dari tempat kerjanya karena pendemi Corona,”  kata Perbekel Desa Bedulu I Putu Ariawan, Selasa (21/7/2020).

Dipilihnya balai banjar karena lahan yang memungkinkan menanam bibit hingga panen. Selain itu juga, untuk memudahkan titik kumpul untuk pembibitan. “Untuk sekarang lahan di balai banjar sudah penuh berisi tanaman sehingga akan dititip di tanam di rumah masing-masing warga,”ungkap Ariawan sembari menyebutkan di wilayahnya ada 25 KK.

Sementara, Kelian Adat Banjar Tengah I Ketut John mengatakan,  tahap awal ada sekitar 600 bibit dalam polybag untuk tanaman cabai, tomat, timun, selada dan bunga mitir.  Selama masa pembibitan, secara bergilir menyiram serta memberi pupuk berbahan organik memanfaatkan limbah rumah tangga. Begitu juga dengan tanah yang mereka pakai untuk media di polybag juga memanfaatkan tanah di got atau selokan, selain cukup subur juga untuk menjaga kebersihan selokan agar tidak mampet saat musim hujan.

Sementara untuk sistem titip tanam,  warga  diberikan tiga bibit tanaman dan hasilnya dibagi tiga. Artinya, satu untuk pemilik rumah dan dua untuk PKK.  (jay)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here