DenpasarTerkini

Bali Raih Penghargaan Response Rate Tertinggi Pertama dalam Sensus Penduduk Online 2020

Gubernur Bali menerima penghargaan atas respon tertinggi dalam sensus penduduk online.

DENPASAR – Pada Sensus Penduduk (SP) Online yang digelar Badan Pusat Statistik (BPS) sejak tanggal 15 Februari sampai 29 Mei 2020, tercatat sebanyak 1.571.119 penduduk atau 35,59% dari 4.414.431 penduduk Provinsi Bali telah berpartisipasi dalam SP Online. Jumlah ini tertinggi di Indonesia, diikuti oleh Sumatera Selatan 31,84% dan Bangka Belitung dengan response rate 31,21%.

Menurut Adi Nugroho, ini bagian dari sejarah pertama kalinya, Sensus Penduduk Online di Indones yang pertama kali dilaksanakan dan partisipasi masyarakat Bali tertinggi seluruh Indonesia. Dari keberhasilan tersebut Bali menerima penghargaan sebagai provinsi dengan Response Rate Tertinggi Pertama dalam Sensus Penduduk Online 2020 dari Kepala BPS Republik Indonesia Dr Suhariyanto. “Persentase partisipasi SP Online Provinsi Bali (35,59% dari total penduduk Bali) adalah yang tertinggi jika dibandingkan dengan provinsi-provinsi lainnya di Indonesia,” ujar Adi Nugroho saat menyerahkan Penghargaan ini diserahkan kepada Gubernur Bali Wayan Koster di Rumah Jabatan Gubernur Bali, Jayasabha Denpasar, Jumat (17/7/2020).

BACA JUGA:   Asap Pekat TPA Sente Selimuti Perumahan Warga Jarak Pandang Makin Terganggu

Menurutnya keberhasilan ini tidak lepas dari peran Gubernur Bali Wayan Koster beserta jajaran Pemerintah Provinsi Bali. “Terima kasih kepada Gubernur Bali beserta jajaran Pemerintah Provinsi Bali yang telah memberikan dukungan dalam menyukseskan Sensus Penduduk Online 2020,” kata Adi Nugroho.

Adi Nugroho menambahkan pada bulan Februari 2020 Gubernur Bali Wayan Koster, Wagub Cok Ace dan Sekda Dewa Indra menjadi pionir pengisian Sensus Penduduk Online 2020. Langkah ini diikuti oleh seluruh pegawai di Pemerintah Provinsi Bali.

Gubernur Koster juga terus mengajak masyarakat Bali untuk berpartisipasi dalam SP Online 2020, baik secara lisan maupun melalui materi promosi. Mengingat tahapan Sensus Penduduk 2020 belum selesai dan masih harus menyesuaikan dengan kondisi pandemi Covid-19, Gubernur Bali Wayan Koster menyatakan akan mendukung BPS Bali dalam menyelesaikan SP 2020 ini. “Saya pasti mendukung,”pungkas Gubernur Koster. (arn)

Back to top button