TabananTerkini

15 Balita Negatif Covid-19, 15 Balita Jalani Isolasi Mandiri

TABANAN –  Kabar menggembirakan datang dari Tabanan terkait klaster Puskesmas Tabanan III. 15 Balita  yang menjalani  swab test bersama warga lainnya Jumat  10 Juli lalu, hasilnya sudah keluar dan semuanya dinyatakan negatif. Begitu juga dengan warga lainnya hasilnya juga negatif. Sementara 15 Balita lainnya yang tidak menjalani swab test, masih menjalani isolasi mandiri. Selain itu satu pasien  terkonfirmasi positif dinyatakan positif sampai Minggu (12/7/2020). Dengan kondisi ini, rencananya mulai Senin (13/7/2020) besok Puskesmas Tabanan III akan kembali buka dan melayani pasien.

Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Covid-19 Kabupaten Tabanan I Putu Dian Setiawan didampingi Kepala Puskesmas Tabanan III   dr. IB Wisnu Wardana menjelaskan  hasil swab test 82 orang termasuk 15 Balita di Puskesmas Tabanan III yang digelar Jumat lalu sudah keluar. Dengan demikian seluruh warga termasuk tenaga kesehatan yang menjalani swab test semuanya negatif “Seluruhnya dinyatakan negatif,” ungkap Putu Dian, MInggu (12/7/2020).

Sementara 15 Balita lain, belum menjalani swab test. Mereka memilih melakukan isolasi mandiri selama 14 hari sesuai dengan protap  penanganan kontak erat dengan pasien positif. Dijelaskan, ke lima belas balita yang menjalani  isolasi mandiri terus dipantau tim medis. Sejauh ini, kondisi semuanya stabil dan sehat. Nanti setelah isolasi mandiri selesai selama 14 hari , sesuai protap akan dilakukan rapid test. “15 Balita yang masih menjalani isolasi  kondisinya bagus dan sehat, nanti setelah isolasi mandiri selesai, akan dilakukan rapid test sesuai protap,” jelasnya.

Kadis Kominfo Tabanan ini menambahkan, ada kabar gembira  terkait perkembangan Covid-19 di Tabanan. Satu pasien  terkonfirmasi positif  asal Desa Dajan Peken, Tabanan  yang sebelumnya menjalani perawatan dan isolasi di Hotel I dinyatakan sembuh. Kabar gembira lain, tidak ada penambahan kasus terkonfirmasi positif baru di Tabanan. “Satu pasien dinyatakan sembuh dan kini  tinggal 29 orang yang masih dirawat di berbagai rumah sakit dan fasilitas  isolasi lainnya,” imbuhnya.

BACA JUGA:  Kapolres Tabanan Blusukan di Terminal Kediri,  Dengarkan Aspirasi dan Keluhan Masyarakat

Secara kumulatif, jumlah pasien terkonfirmasi positif di Tabanan sebanyak 99 orang. Dari jumlah tersebut 69 orang dinyatakan  sembuh, 29 orang masih dirawat dan satu orang meninggal. Selain itu  ada lima PDP yang masih dirawat di BRSU Tabanan, RS Nyitdah dna RS Sanglah. Ada  dua orang berstatus dalam pemantauan dan 372 orang tanpa gejala yang masih terus dipantau. (jon)

Back to top button