EkonomiTabananTerkini

Pedagang Pasar Pupuan Mulai Pakai Faceshield

TABANAN –  Adanya kasus transmisi lokal di pasar rakyar  yang menjadi klaster penyebaran Covid-19, menjadi atensi khususnya Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Perindag) Tabanan.   Tabanan tidak  ingin pasar di Tabanan menjadi klaster baru penyebaran  Covid-19, sehingga kini pedagang diminta memggunakan APD lengkap seperti masker dan face shield.  Pedagang juga memasang tirai plastik pembatas dengan pembeli di Pasar Pupuan.

Terkait hal tersebut  Disperindag Tabanan sudah menyampaikan surat terkait penggunaan masker dan faceshield ke seluruh Pasar yang ada di Tabanan. Salah satu pasar yang sudah mulai menerapkan penggunaan faceshield  dan tirai plastic pembatas adalah Pasar Pupuan sementara pasar lainnya masih berproses.  “Untuk kebijakan terkait penggunaan masker dan faceshield sudah kami sampaikan ke seluruh pasar,” ujar Kabid Perdagangan Disperindag Tabanan, Ni Wayan Primayani, Selasa (23/6/2020).

Primayani menjelaskan, sesuai arahan dari Gugus Tugas Tabanan saat rapat yang dilaksanakan Minggu (21/6) lalu, Kepala Pasar masing-masing wilayah diminta untuk mewajibkan pedagang memakai masker dan face shield. Hal ini untuk mengantisipasi agar tak terjadi transmisi lokal di wilayah pasar rakyat di Tabanan.  “Salah satunya Pasar Pupuan. Selain menggunakan masker dan face shield, sejumlah pedagang juga memasang plastik pembatas  dengan konsumen di tempat jualannya,” jelasnya.

Disinggung mengenai usulan Disperindag untuk memfasilitasi APD seperti Faceshield terhadap pedagang di pasar, Primayani mengungkapkan sampai saat ini masih dibahas. Ia justru menyebutkan, kesadaran  pedagang   lebih baik demi keselamatan diri sendiri maupun orang lain.  “Belum turun (usulan pemberian face shield. Adanya kesadaran sendiri para pedagang akan lebih bagus,” tandasnya.

BACA JUGA:   Bekuk Pelaku Narkoba, Timsus Raga Poleng Amankan 4 Paket Sabu Siap Edar

Sementara itu, Camat Pupuan, Putu Agus Hendra Manik mengatakan, sejak Senin, para pedagang mulai menggunakan APD  masker  maupun faceshield. “Pedagang sudah dari kemarin menggunakan face shield. Rata-rata mereka beli sendiri karena sadar akan situasi pandemi ini. Sekarang sudah semua menggunakan face shield,” katanya. (jon)

Back to top button