UPDATE ; 14 Toko Pasar Baturiti Ludes Terbakar, Empat Rusak Ringan

0
173
TINGGAL PUING : 14 toko di pasar Baturiti ludes terbakar dan tinggal puing, sementara empat toko mengalami rusak ringan

TABANAN –     Kasus kebakaran toko di pasar Baturiti, Tabanan, Minggu (21/6/2020) pagi  terus diselidiki petugas dari pihak kepolisian.  Awalnya diketahui hanya 12 toko di bagian selatan yang terbakar. Namun setelah  beberapa saat,  diketahui dua toko diutaranya juga ikut terbakar dan empat rusak ringan. Total ada 14 toko yang ludes terbakar beserta isinya.

Kapolsek Baturiti AKP Fahmi Hamdani  saat dikonfirmasi menjelaskan, awalnya ada 12 toko di bagian selatan yang diketahui terbakar. Namun setelah api berhasil dikuasai dan hari mulai terang, ternyata dua toko di bagian utara juga ikut terbakar. Sementara empat toko lainya hanya mengalami kerusakan ringan. “Soal penyebab kebakaran masih diselidiki, begitupun kerugian material masih dihitung,” jelasnya.

Sebanyak 12 toko yang berada di bagian selatan  dan dua toko di bagian utara   komplek pasar Baturiti ludes dilalap, Minggu (21/6) dinihari. Sementara empat toko lain di bagian utara hanya mengalami kerusakan ringan. Belum diketahui penyebab pasti dan kerugian akibat kebakaran hebat tersebut.

Informasi yang berhasil dihimpun, kebakaran terjadi sekitar pukul 01.30 WITA. 12 unit toko dengan ukuran 3×4 meter di bagian selatan  dan dua di bagian utara komplek pasar terbakar dimulai dari belakang. Menurut saksi I Putu Antara (39) warga setempat saat itu hendak pulang ke rumah dari pura puseh setempat.  Saat melintasi depan pasar tiba melihat asap dari arah belakang pasar. Kemudian saksi  mendekati arah asap dari jarak kurang lebih 15 meter dan melibat api semakin membesar.

Selanjutnya saksi  mengubungi kelian Adat yang saat itu bersamaan dengan warga yang sedang  melaksanakan mekemit di pura. Mendapat informasi tersebut, saksi lain mengubungi Polsek Baturiti. Masyarakat yang ada di pura dan disekitar Pasar menuju TKP berusahan memadankan api dan memindahkan barang yang ada di kios yang lainnya.

Sekitar pukul 01.45 WITA, anggota Polsek Baturiti mendatangi TKP dan membantu masyarakat di TKP, kemudian sekitar pukul 02.20 WITA 2 unit Damkar Tabanan  dan Damkar Badung tiba di TKP dan BPBD dibantu masyarakat setempat memadamkan dan api dapat dipadamkan. Namun 14 unit toko ludes terbakar. Sementara dua dari  enam unut di bagian utara ikut terbakar.

Pemilik toko di bagian selatan areal pasar sebanyak 12 unit  yakni  6 Unit los/toko pemilik Men Suar (60) Alamat Desa/Kec. Baturiti, Kab. Tabanan. Satu  unit toko Emas Lestari pemilik Ni Ketut Mudastini, (56)  Alamat Desa/Kec. Baturiti, Kab. Tabanan. Satu unit toko emas pemilik I Made Merta, (60) Alamat Desa/Kec. Baturiti, Kab. Tabanan. Dua unit toko jualan plastik pemilik Made Gana (62) Alamat Desa/Kec. Baturiti, Kab. Tabanan. Dua unit toko tempat masak sate kambing, pemilik Cak Man, (52) Alamat Baturiti.

Pemilik Toko dibagian sebelah utara areal pasar sebanyak 6 unit  yakni tiga unit toko jual alat upakara pemilik Wayan Duduk, (55), Alamat Desa/Kec. Baturiti dan tiga unit toko menjual plastik milik Suci (60) Alamat Desa/Kec. Baturiti, Kab. Tabanan. (jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here