PariwisataTabananTerkini

Tabanan Cegah Pasar dan DTW Jadi Klaster Baru Penyebaran Covid-19

TABANAN – Pasar kini menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 transmisi lokal di wilayah Bali. Tabanan sendiri tidak ingin pasar  menjadi klaster baru penyebaran Covid-19. Begitupun dengan daerah tujuan wisata (DTW) kalau nanti dibuka. Berbagai upaya dilakukan mencegah pasar menjadi klaster baru penyebaran Covid-19 . hal tersebut menjadi topik utama saat Bupati Tabanan  Ni Putu Eka Wiryastuti melakukan video conference  dengan Majelis Madya dan Alit serta Forum Perbekel Kabupaten Tabanan, Kamis (18/6/2020).

Ketua hari gugus Tugas Percepatan Penanganan (GTPP) Tabanan yang juga Sekda I Gede Susila mengatakan, tujuan dari kegiatan ini adalah untuk menyamakan persepsi dalam penanggulangan pandemic Covid-19 di Kabupaten Tabanan, sehingga perkembangan Covid-19 di Tabanan bisa secepatnya ditanggulangi menjelang era new normal di Kabupaten Tabanan.

Lebih lanjut Ia menyampaikan, mengingat transmisi lokal masih mengancam kehidupan masyarakat di Kabupaten Tabanan, maka sangat diperlukan antisipasi untuk mencegah dan memutus mata rantai wabah tersebut mulai dari pasar-pasar dan daerah Tujuan Wisata. “Pasar yang menjadi salah satu klaster penyebaran transmisi lokal yang kebetulan sampai saat ini belum terjadi di Tabanan, maka kita perlu memperketat dan melakukan langkah-langkah yang lebih progresif, sehingga pasar tidak menjadi penyebaran transmisi lokal,” ungkap Susila.

BACA JUGA:   Pasang Spanduk, Desa Adat Pererenan Tolak Pembangunan Restauran di Tanah Negara
Bupati Eka saat memimpin rapat virtual dengan majelis desa adat dan forum perbekel menyambut new normal sekaligus upaya mencegah pasar rakyat dan DTW jadi klaster baru penyebaran Covid-19 di Tabanan.

Bupati Eka mengatakan, sebelum pelaksanaan new normal sesuai arahan dari Pemerintah Pusat tentu sangat diperlukan kesadaran yang lebih dari masyarakat untuk selalu disiplin menerapkan protokol kesehatan yang telah dianjurkan  Pemerintah. Karena tanpa kesadaran dari seluruh elemen masyarakat Tabanan, mustahil new normal yang sesuai dengan protokol  kesehatan Covid-19 bisa dilakukan. Untuk itu, Bupati Eka tiada henti-hentinya menghimbau kepada seluruh masyarakat agar selalu disiplin mentaati semua anjuran Pemerintah demi keselamatan bersama. “Selalu terapkan Pola Hidup Bersih dan Sehat yang salah satunya selalu cuci tangan dengan sabun, jaga jarak dan hindari kerumunan serta selalu memakai masker disetiap aktivitas, baik di dalam amupun diluar rumah,” pintanya.

Bupati Eka juga memerintahkan seluruh jajarannya agar memperketat protocol kesehatan di pasar-pasar begitupun dengan DTW di Tabanan agar lebih steril. Sehingga memberikan rasa aman bagi masyarakat dan masyarakat Tabanan produktif kembali menjelang new normal, meski dalam situasi pandemi. “Saya ingin masyarakat Tabanan tetap produktif, tetap menjalankan  semuanya dengan prosedur kesehatan yang baik dan selalu berpikir positif. Ayo kita bangun Tabanan dengan semaksimal mungkin,”  ajaknya. (jon)

Back to top button