Transmisi Lokal Meningkat, Tujuh Keluarga PDP-61 Terkonfirmasi Positif

0
685
I Gede Suyasa

BULELENG – Tingkat kedisiplinan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) maupun Orang Dalam Pengamatan (ODP) dalam menjalankan protokol keehatan penanganan Pandemi Covid-19, menjadi faktor dominan dalam penyebaran virus corona di Kabupaten Buleleng. Sebanyak 6 orang dengan riwayat memiliki kontak erat dalam satu keluarga dengan 2 orang PDP Terkonfirmasi yang sudah sembuh yakni PDP-61 asal Desa Pemuteran Gerokgak dan PDP-65 asal Desa Bondalem Tejekula, dinyatakan sebagai PDP Terkonfirmasi.

“Ada penambahan PDP Terkonfirmasi hari ini dengan kode PDP-74, PDP-75, PDP-76, PDP-77, PDP-78, dan PDP-79. Semua PDP Terkonfirmasi ini sudah menjalani perawatan di RSP Giri Emas,” ungkap Sekretaris GTP2 Covid-19 Buleleng, Gede Suyasa, Jumat (29/5/2020) saat menggeber perkembangan penanganan terkini Pandemi Covid-19 di Kabupaten Buleleng.

Enam orang PDP Terkonfirmasi ini, kata Suyasa yang juga Sekda Kabupaten Buleleng merupakan keluarga dari PDP-61 dan PDP-65 yang sudah dinyatakan sembuh setelah hasi test swab dua kali berturutnya non reaktif. “Ke enam PDP Terkonfirmasi ini merupakan hasil tracing PDP-61 saat dinyatakan sebagai PDP Terkonfirmasi. Dari hasil rapid test, dinyatakan positif kemudian test swab pertama sempat negatif, dan test swab selanjuitnya positif sehingga dinyatakan sebagai PDP Terkonfirmasi atau positif terjangkit Covid-19,” tegasnya.

Penularan Covid-19 terhadap ke-6 PDP Terkonfirmasi ini terjadi dalam satu keluarga. “Berawal dari kunjungan PDP-61 ke daerah transmisi Desa Bondalam awal April, kemudian melakukan interaksi dengan keluarga saat karantina, sehingga penularan terjadi antar keluarga termasuk PDP-65 yang saat ini dinyatakan sudah sembuh,” terangnya.

Dari hasil kajian dan pemantauan Tim Medis GTP2 Covid-19 Buleleng, penularan terjadi akibat kurang disiplin dan taatnya warga masyarakat terutama keluarga dari PDP Terkonfirmasi dalam menjalankan protokol kesehatan. “Baru dinyatakan sembuh,  dan merasa sembuh langsung melakukan intraksi dengan keluarga yang lain, sehingga keluarganya tertular dan gantian menjadi PDP Terkonfirmasi,” tandas Suyasa.

Dia menegaskan transmisi lokal masih terjadi di Buleleng sehingga mengajak diimbau agar tetap waspada,disiplin dan taat melaksanakan protokol kesehatan, pakai masker, senantiasa manjaga jarak, cuci tangan pakai sambun dan berprilaku hidup bersih dan sehat. Disisi lain, tingkat kesembuhan PDP terkonfirmasi juga meningkat.”Hari ini, PDP-48, PDP-52, PDP-55, PDP-61, PDP-65, dan PDP-67 dinyatakan sembuh setelah hasil test swab dua kali berturut negatif,” ujarnya. (kar)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here