BadungPolitik

Koalisi dengan PDIP, Demokrat Dijatah Satu Pimpinan Komisi

Kamis Ini Dijadwalkan Paripurna AKD

MANGUPURA – DPRD Badung semenjak dilantik hingga saat ini, belum bisa melaksanakan tugas dan fungsinya sebagai lembaga legislatif. Pasalnya, hingga memasuki awal bulan September 2024, Alat Kelengkapan Dewan (AKD) belum juga terbentuk. Ganjalannya pada Fraksi Partai Golkar yang belum menyetorkan nama nama anggotanya untuk masuk AKD, termasuk untuk yang menduduki kursi Wakil Ketua I. 

Demokrat yang merapat ke PDIP, baik di DPRD maupun berkoalisi dalam Pilkada, dipastikan mendapat jatah satu kursi Ketua Komisi. Sisanya, tiga kursi Ketua Komisi, Ketua Badan Kehormatan dan Ketua Bapemperda diborong oleh PDIP. Gerindra yang awalnya akan ikut merapat dengan PDIP paska mundurnya I Wayan Disel Astawa sebagai calon wakil bupati  mendampingi calon bupati I Wayan Suyasa, harus gigit jari. 

Gerindra yang memiliki 4 kadernya di Dewan Badung tidak akan mendapatkan jatah pimpinan AKD. Hengkangnya kader PDIP I Putu Alit Yandinata ke Gerindra, yang kemudian menggantikan posisi Disel Astawa sebagai calon wakil bupati, menyebabkan rencana koalisi di parlemen buyar. 

Sekretaris Dewan Badung I Gusti Agung Made Wardika yang dikonfirmasi, Rabu (4/9/2024) menyatakan, macetnya pembentukan AKD lantaran Golkar belum menyetor nama-nama anggota fraksinya untuk duduk di AKD. “Besok (hari ini) adalah batas waktu yang diberikan untuk Golkar. Rencananya besok kita akan melaksanakan paripurna,” kata Gung Wardika.

Meski Golkar belum menyetorkan nama, lanjut dia, paripurna tetap dilaksanakan dengan agenda mengumumkan fraksi dan keanggotaan AKD. Sedangkan penetapan dilaksanakan setelah adanya pimpinan definitif.

Sekretaris DPD II Golkar Badung, IAAN ketut Agus Nadi Putra menyampaikan untuk AKD, pihaknya telah menyiapkan nama-nama anggota Fraksi Golkar yang akan ditugaskan. “Besok (hari ini) akan diparipurnakan untuk AKD,” kataya.

Dijelaskannya, hanya susunan Fraksi Golkar telah terbentuk sementara untuk rekomendasi wakil ketua DPRD Badung masih dalam proses. “Jika keluar hari ini (kemarin), kami besok (hari ini) bisa diserahkan ke DPRD Badung untuk mengikuti proses selanjutnya,” katanya. (lit,dha)

Perkiraan Susunan Pimpinan dan AKD DPRD Badung Periode 2024-2029

  1. Ketua DPRD Badung : I Gusti Anom Gumanti (PDIP)
  2. Wakil Ketua I : AAN Ketut Agus Nadi Putra (Golkar)
  3. Wakil Ketua II : I Made Wijaya (Gerindra) 
  4. Wakil Ketua III : I Made Sunarta (Demokrat)
  5. Ketua Komisi I : Bima Nata (PDIP)
  6. Ketua Komisi II : I Made Sada (Demokrat)
  7. Ketua Komisi III : I Made Ponda Wirawan (PDIP)
  8. Ketua Komisi IV : I Nyoman Graha Wicaksana (PDIP)
  9. Ketua Badan Kehormatan: Putu Parwata (PDIP)
  10. Ketua Bapamperda : I Wayan Sugita Putra (PDIP)

Back to top button