Desa Sudaji Buleleng Masuk 50 Besar ADWI Tahun 2022

0
183
Rakor persiapan penilaian Desa Wisata Sudaji pada ADWI tahun 2022

BULELENG – Pengumuman Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) Republik Indonesia tentang Desa Sudaji Kecamatan Sawan sebagai desa yang lolos babak 50 besar Anugrah Desa Wisata Indonesia (ADWI) Tahun 2022, tidak hanya disikapi aparat desa dinas, desa adat dan masyarakat Desa Sudaji.

Pemkab Buleleng melalui Dinas Pariwisata (Dispar) mengapresiasi keputusan dewan juri melalui tahapan kurasi terhadap 3.419 desa wisata dari 34 provinsi di Indonesia, 500 besar, 300 besar dan akhirnya 50 besar sebagai prestasi sekaligus tantangan yang harus disikapi bersama.

“Tahun 2022 ini, ada dua desa di Bali yang masuk 50 besar ADWI Tahun 2022 yakni Desa Sudaji Kabupaten Buleleng dan Desa Undisan Kabupaten Bangli,”ungkap Kadispar Buleleng Gede Dody Sukma Oktiva Askara, Jumat (13/5/2022) di sela-sela rakor ADWI Tahun 2022 di Kantor Desa Sudaji.

Didampingi Prebekel Desa Sudaji Made Agus Fajar Kurniawan, Ketua Desa Wisata Sudaji Suharsana dan Sansan selaku praktisi pariwisata, mantan Kadisbud Buleleng ini menandaskan prestasi dan kesempatan untuk meraih prestasi terbaik pada ADWI Tahun 2022 patut diapresiasi instansi dan stackhoder terkait.

“Dari pertemuan awal hari ini, jajaran desa dinas, desa adat, praktisi pariwisata dan semua komponen masyarakat menyatakan sepakat, bersatu dan bersama-sama bangkit mewujudkan Desa Sudaji sebagai desa wisata terbaik ADWI Tahun 2022, berdasarkan tujuh katagori penilaian meliputi daya tarik pengunjung, homestay, toilet umum, suvenir,digital dan kreatif,SHSE dan kelembagaan,” tandas Kadispar Dody Sukma dibenarkan Suharsana dan Prebekel Fajar Kurniawan.

Selaku Ketua Desa Wisata Sudaji, Suharsana menyatakan optimis dapat menggerakkan semua komponen masyarakat. Demikian halnya dengan Prebekel Desa Sudaji Fajar Kurniawan, selain menyatakan siap mendukung dan memenuhi kebutuhan sarana prasarana, aparat serta lembaga yang ada di Pemerintahan Desa Sudaji juga memfasilitasi kebutuhaan administratif dan kelembagaan terkait dengan desa wisata.

“Kita berdayakan sumber daya manusia dan sarana prasarana yang ada di desa untuk mendukung pelaksanaan peniliaan ADWI Tahun 2022, demi kemajuan desa wisata dan pembangunan Desa Sudaji. Termasuk kebutuhan terkait SK terkait kelembagaan maupun personil yang wajib dipenuhi pada rangkaian penilaian ADWI ini,” tandas Prebekel Fajar Kurniawan diapresiasi Sansan selaku praktisi pariwisata.

Tokoh pariwisata, pengembang seni budaya Bukakak Desa Sudaji ini menyatakan kesatuan dan persatuan masyarakat Sudaji serta dukungan 5 desa tetangga yakni Desa Suwug, Silangjana, Bebetin, Menyali dan Lemukih merupakan spirit dan kunci sukses Desa Wisata Sudaji pada ADWI tahun 2022. (kar/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

five × two =