Kemenkumham Bali Patroli Darat, Sasar Sanur hingga Seminyak

0
241
patroli pantai
Pelaksanaan patroli imigrasi darat (ist)

KUTA – Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Bali melaksanakan patroli imigrasi darat, Rabu (19/1/2022). Patroli tersebut menjamah wilayah Sanur hingga Seminyak.

Mengutip laporan dari Kepala Kantor Imigrasi (Kakanim) Denpasar selaku pelaksana patroli darat, Kakanwil Kemenkumham Bali Jamaruli Manihuruk mengatakan, patroli darat dilaksanakan melalui rute Sanur ke Seminyak. Itu dilaksanakan Tim Intelijen dan Penindakan Keimigrasian dengan menggunakan 5 mobil patroli dari Kanim Denpasar, Kanim Ngurah Rai, Kanim Singaraja, Rudenim Denpasar, serta Divisi Keimigrasian.

Dipilihnya Sanur dan Seminyak, kata Jamaruli, adalah atas pertimbangan banyaknya konsentrasi warga negara asing. Dengan adanya kegiatan tersebut, diharapkan akan memberikan dampak positif bagi masyarakat. Karena berdasarkan amanat undang-undang, institusi Imigrasi mempunyai tugas dan fungsi untuk melakukan pengawasan WNI maupun WNA.

Jamaruli pun membeberkan, pada dasarnya Imigrasi memiliki 4 tugas dan fungsi utama. Di antaranya yakni melaksanakan pelayanan hukum, melakukan penegakan hukum, sebagai penjaga keamanan negara, serta sebagai fasilitator pembanguan dan kesejahteraan masyarakat.

“Seperti yang dikatakan Menkumham, pengamanan negara sangat penting untuk dilakukan. Begitu pula dengan pengawasan orang asing maupun WNI, harus dilakukan sesuai dengan amanat undang-undang. Perlu diingat, pengawasan orang asing harus dilakukan secara humanis sehingga tidak mengganggu ketertiban masyarakat, namun tetap melaksanakan penegakan hukum,” tegasnya.

Untuk diketahui, patroli darat tersebut dilaksanakan sesaat setelah gelaran Apel Nasional Gabungan yang diselenggarakan secara virtual oleh Kemenkumham RI. Apel itu sendiri merupakan rangkaian acara menuju Hari Bhakti Imigrasi ke-72, yang diikuti seluruh jajaran Imigrasi se-Provinsi Bali dan 26 instansi eksternal. (adi/jon)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

5 − one =