Sekda Adi Arnawa Ikuti Melasti, Tawur, dan Mapakelem di Segara Labuan Sait

0
104
Sekda Adi Arnawa bersama istri saat melaksanakan Melasti, Tawur, dan Mapakelem di Segara Labuan Sait, Selasa (23/11/2021) lalu.

KUTSEL – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Badung I Wayan Adi Arnawa bersama Nyonya Rasniathi Adi Arnawa mengikuti pelaksanaan Melasti, Tawur, dan Mapakelem, di Segara Labuan Sait, Selasa (23/11/2021) lalu. Prosesi tersebut merupakan rangkaian dari pelaksanaan upacara Panca Wali Krama lan Padudusan Agung Pura Luhur Uluwatu Desa Adat Pecatu, yang puncaknya pada Anggara Kasih Medangsia 30 November 2021 nanti.

Untuk diketahui, upacara tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Gede Giri Dwijaguna dari Griya Giri Sari Umangenjung, Ida Pedanda Gede Sari Arimbawa dari Griya Sari, dan Ida Pedanda Gede Made Darma Kerti dari Griya Budha Saraswati Batuan Gianyar menggunakan sarana banten bebangkit dan pakelem. Turut hadir pada saat itu yakni Kapolda Bali Irjen Pol Putu Jayan Danu Putra, Kepala Dinas Kebudayaan Badung Gede Eka Sudarwitha, Camat Kuta Selatan I Ketut Gede Arta, Perbekel Pecatu, serta tokoh puri.

Selaku Manggala Karya, dalam prosesi tersebut Sekda Adi Arnawa bersama Kapolda Bali ngayah nunas tirta dan mulang pekelem walungan kebo, kambing, itik, dan ayam di tengah Segara Labuan Sait. Pelaksanaan prosesi tersebut dibantu oleh tim dari Polairud dan Balawista Kabupaten Badung.

Sekda Adi Arnawa mengaku sangat berterimakasih kepada semua pihak yang telah membantu lancarnya pelaksanaan prosesi tersebut. Dia pun mengatakan pelaksanaan Upacara Pakelem Pemahayu Jagat adalah sebagai penetralisir alam agar kembali seperti semula. Dengan adanya bencana seperti wabah Covid-19 dan gempa, harus segera dilaksanakan upacara pakelem ke segara, ke Sang Hyang Baruna, agar alam kembali seperti semula.

“Mudah-mudahan dengan terlaksananya upacara Pemahayu Jagat disertai upacara pakelem ini sebagai bentuk yadnya kita, dan karya ini berjalan lancar. Tentu alam semesta semakin damai, kehidupan kita semakin tenang, hal yang paling penting kondisi pariwisata kita semakin stabil dan kondusif ke depannya,” singkatnya.

Setelah mengikuti rangkaian prosesi di Segara Labuan Sait tersebut, Sekda Adi Arnawa menuju Pura Uluwatu untuk mengikuti rangkaian karya Memasar dan Mendak Agung. Rangkaian tersebut dipuput oleh Ida Pedanda Gede Oka Karang dari Griya Tegeh Karang. (adii)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

10 + 2 =