26 -27 Februari, Bali Alami Hari Tanpa Bayangan

0
121
Kulminasi Utama 1 Tahun 2021.

BADUNG – Hari tanpa bayangan akan kembali terjadi di wilayah Bali. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) menyebut fenomena itu antara 26 – 27 Februari 2021.

Kepala Bidang Data dan Informasi Balai Besar Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BBMKG) Wilayah III Denpasar Iman Fatchurochman mengatakan, fenomena tersebut sering dinamakan hari kulminasi utama. Itu terjadi ketika deklinasi matahari sama dengan lintang pengamat. Dengan kata lain, saat itu matahari akan tepat berada di atas kepala pengamat atau titik zenit.

“Akibatnya, bayangan benda tegak akan seolah menghilang, karena bertumpuk dengan benda itu sendiri. Karena itulah hari kulminasi utama dikenal juga sebagai hari tanpa bayangan,” ungkap Iman, Kamis 25 Ferbuari 2021.

Di wilayah Indonesia sendiri, hari tanpa bayangan sesungguhnya termasuk fenomena rutin. Dalam setahun, fenomena tersebut terjadi sebanyak dua kali. “Secara umum, kulminasi utama pertama tahun 2021 di Bali terjadi antara 26 – 27 Februari 2021. Untuk wilayah Denpasar, Gianyar, Tabanan, Klungkung, Badung, dan Bangli terjadi pada 26 Februari. Sedangkan untuk wilayah Karangasem, Jembrana, dan Singaraja terjadi pada 27 Februari,” bebernya.

Sementara di Kota Pontianak yang dilintasi khatulistiwa, fenomena itu terjadi bersamaan dengan saat matahari tepat di khatulistiwa, yaitu pada 20 Maret 2021 yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 11.50 WIB, dan pada 23 September 2021 yang kulminasi utamanya terjadi pada pukul 11.35 WIB. Sementara untuk kota-kota lain, kulminasi utama terjadi saat deklinasi matahari sama dengan lintang kota itu sendiri. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here