Sensasi Bule Rusia Naik Motor Nyebur ke Laut Berakhir Deportasi

0
60
DEPORTASI : Bule Rusia Sergei Senko dipulangkan ke negaranya karena sejumlah pelanggaran, Minggu (24/1/2021).

DENPASAR – Warga Rusia Sergei Senko yang sempat viral di media sosial karena bikin sensai menceburkan diri ke laut sambil naik motor di wilayah Karangasem, dideportasi pihak Imigrasi melalui Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Minggu (24/1/2021).

Setelah viral di akun Instagram miliknya @sergey_kosenko pada 15 Desember 2020, pihak Imigrasi melakukan pemanggilan. Hasil pemeriksaan, Sergei Kosenko ternyata juga berbuat ulah melakukan pelanggaran dengan mengadakan party tanpa memperhatikan protokol Kesehatan di wilayah Badung dan diunggah di akun Instagramnya pada 11 Januari 2021. “Kegiatan tersebut telah melanggar peraturan perundang-undangan yang berlaku, salah satunya Surat Edaran Satuan Tugas Penanganan Covid-19 Nomor 02 Tahun 2021 tentang Protokol Kesehatan Perjalanan Internasional Dalam Masa Pandemi Corona Virus Disease 2019 (Covid-19),” ungkap Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM (Kemenkumham) Bali Jamaruli Manihuruk kepada wartawan.

Selain itu, Sergei juga melakukan kegiatan-kegiatan seperti menjadi seorang duta yang mewakili kegiatan dari perusahaan tertentu, mengundang investor, serta menjadi seorang marketing dengan mempromosikan produk sebuah perusahaan tertentu. Kegiatannya tersebut tidak sesuai dengan persetujuan telex visa B211B di bawah seorang penjamin dari sebuah PT. ” Sergei Senko telah melakukan pelanggaran sebagaimana dimaksud dalam Pasal 122 huruf a jo. Pasal 123 huruf b Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 tentang Keimigrasian. Sebagai langkah penegakan hukum terhadap Sergei, pihak Imigrasi mengenakan Sergei dengan tindakan Administratif Keimigrasian berupa Pendeportasian dan Penangkalan sebagaimana diatur dalam Pasal 75 ayat 1 dan 2 Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2011 Tentang Keimigrasian,”tegasnya.

Sergei diketahui masuk wilayah Indonesia 31 Oktober 2020 melalui TPI (Tempat Pemeriksaan Imigrasi) Soekarno Hatta menggunakan visa izin tinggal pada 29 Desember 2020 dan telah diperpanjang sampai 28 Januari 2021. Ia sempat menyewa sebuah private villa di daerah Berawa, Canggu, kemudian berpindah-pindah di beberapa tempat penginapan di Bali dan Lombok. “Terakhir Sergei Kosenko tinggal di sebuah hotel di Seminyak,” tandasnya. (dum)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here