Kuta Bersatu Bergerak Tangani Sampah Pantai

0
86
Kuta Bersatu berfoto bersama, setelah ikut berpartisipasi dalam aksi bersih sampah di Pantai Kuta (ist)

KUTA – Berbagai elemen masyarakat peduli lingkungan silih berganti datang dan melakukan aksi bersih sampah di pesisir Pantai Kuta. Salah satu di antaranya adalah Kuta Bersatu yang melaksanakan kegiatan bertajuk Kuta Beach Clean Up, Rabu (06/1/2021).

Pentolan Kuta Bersatu yang akrab disapa Jero Base menuturkan, kegiatan tersebut digagas atas dasar kepedulian terhadap Kuta. Apalagi Kuta disadari sebagai barometer pariwisata pulau dewata.

“Ini adalah salah satu bentuk kepedulian kita terhadap Kuta. Sehingga Pantai Kuta tetap menjadi destinasi yang bersih dan nyaman untuk dikunjungi,” ucapnya sembari berharap agar pandemi segera berlalu dan pariwisata kembali bangkit.

Kuta Bersatu, jelas dia, adalah sebuah wadah suka duka masyarakat. Yang tentunya senantiasa siap untuk diajak bekerjasama dalam menjaga kebersihan ataupun keamanan lingkungan. “Kami siap untuk Kuta. Karena kalau tidak kami yang peduli, siapa lagi?” tegasnya.

Hal senada disampaikan oleh Gus Norma dari komunitas Bersih-Bersih Bali, yang turut berkolaborasi dalam kegiatan Kuta Bersatu – Beach Clean Up tersebut. Dia memastikan, pihaknya selalu siap untuk diajak bersinergi, kaitan dengan kegiatan-kegiatan penjagaan kebersihan lingkungan semacam itu. “Bahkan kami juga siap untuk turut mengajak komunitas-komunitas lainnya,” sambungnya.

Karena datangnya sampah di Pantai Kuta adalah sebuah fenomena rutin, dirinya mendorong agar pemerintah membangun sebuah sistem pasti dalam penanganannya. Sehingga penanganan bisa benar-benar efektif dan efisien.

“Misalnya begitu sampah terkumpul, itu kemudian dimasukkan ke dalam sejumlah kantong. Selanjutnya, itu ditempatkan di atas trotoar Jalan Pantai. Dengan demikian, petugas DLHK Badung bisa tinggal mengangkutnya. Jadi mungkin nanti saya akan coba berkomunikasi dengan DLHK Provinsi Bali untuk meminta bantuan armada,” sebutnya.

Momen datangnya sampah di Pantai Kuta saat ini, sambung dia, tidak ubahnya sebagai sebuah euforia. Karena ternyata, ada banyak pihak yang sudah mulai peduli terhadap penjagaan kebersihan lingkungan.

“Kami harap, perangkat-perangkat desa bisa senantiasa memberikan contoh dan memotivasi para generasi muda. Jangan sampai terbalik,” imbuhnya di sela kegiatan bermoto ‘Merawat Lingkungan Adalah Merawat Diri Sendiri’ tersebut. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here