Sampah Juga Menepi di Pantai Kedonganan dan Jimbaran, Puluhan Petugas Kebersihan Dikerahkan

0
108
Sampah di Pantai Kedonganan.

BADUNG – Petugas DLHK Kabupaten Badung harus bekerja keras membersihkan sampah di kawasan objek wisata. Tak hanya di Pantai Samitiga (Seminyak, Legian, Kuta), sampah juga menepi di pesisir Pantai Kedonganan dan Jimbaran.

Kepala Bidang Pengelolaan Kebersihan dan Limbah Bahan Berbahaya dan Beracun DLHK Badung AA Gede Agung Dalem mengatakan, peningkatan volume sampah di kedua pantai tersebut terdeteksi, Minggu (3/1/2021). “Volumenya memang belum terlalu tinggi, tidak seperti di Samigita. Namun, ini tentu harus tetap segera kami sikapi, apalagi Kedonganan dan Jimbaran juga berstatus sebagai objek wisata,” ungkap Gung Dalem–sapaan AA Gede Agung Dalem, mendampingi Kepala DLHK Badung Wayan Puja, Senin (4/1/2021).

Penanganan sampah di Pantai Kedonganan dan Jimbaran rencana mulai dilakukan, Selasa (5/1/2021) dengan mengerahkan sepasang alat berat jenis wheel loader dan 80-an petugas kebersihan. “Karena dua alat berat kami arahkan ke Kedonganan dan Jimbaran, maka untuk penanganan di Samigita masih ada 4 loader dan 2 barber beach clean up. Bagaimanapun juga kami tetap berupaya bergerak secara maksimal,” ujarnya.

Terpisah, Koordinator Deteksi Evakuasi Sampah Laut (Desalut) DLHK Badung Made Gede Dwipayana mengungkapkan, datangnya banyak sampah plastik di Samigita terbilang baru pertama dan selama ini cenderung terjadi di Pantai Kedonganan. “Mungkin itu dipengaruhi oleh adanya perubahan arus laut,” katanya.

Ia menyebutkan, sejak 20 November 2020, total 732 ton sampah sudah terevakuasi dari pesisir pantai di Kabupaten Badung. Sampah diangkut dari sejumlah stopover, menuju ke TPA Suwung. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here