Kartu Baru, Desa Adat Kuta Reaktivasi Pedagang Pantai

0
131
PENGAWASAN : Pecalang memeriksa kepemilikan kartu identitas baru seorang pedagang di Pantai Kuta

KUTA – Desa Adat Kuta mulai melakukan reaktivasi pedagang pantai, Minggu (20/12/2020). Mereka dibekali kartu identitas baru, dan rutin dimonitor terkait dengan penerapan protokol kesehatan. Baik itu disiplin pengenaan masker ataupun menjaga jarak antara satu dengan lainnya.

Bendesa Adat Kuta Wayan Wasista mengungkapkan, di tahap pertama reaktivasi ini, jumlah pedagang dibatasi hanya 380-an orang. Jenisnya terdiri dari penyewaan papan selancar, lounge chair, pedicure, massage dan tattoo temporary.

“Dari 1168 pedagang yang ada sebelumnya, di tahap pertama ini kami batasi hanya 380-an pedagang saja. Tapi rencana kami, nanti setelah penataan pantai oleh Pemerintah Kabupaten Badung, kami akan buka lagi kesempatan tahap kedua,” ungkap Wasista.

BACA JUGA:   Duh Warga Pegending Ramai-Ramai Keluarkan Anjing

Hasil monitoring tersebut, kata Wasista, banyak pedagang yang diketahui belum beroperasi. Karena kebetulan, kondisi cuaca di hari pertama itu kurang mendukung.

“Anginnya terlalu kencang. Mungkin itu yang membuat banyak pedagang yang sudah mendapat kartu masih belum berjualan,” sebutnya.

BACA JUGA:   Mayat Mengapung di Pantai Lebih Diduga Warga Asal Kusamba

Untuk mempermudah monitoring ke depan, para pedagang diwajibkan senantiasa mengalungkan identitas yang sudah diperoleh dari pihak desa adat. Di samping itu, desa adat juga rencana membuatkan semacam seragam khusus untuk para pedagang pantai.

“Perilaku para pedagang akan terus kami awasi. Jangan sampai ada perilaku memaksa ataupun menjebak. Ketika kami temukan perilaku yang demikian, dan yang bersangkutan tidak bisa kami bina, maka mau tidak mau kartunya akan kami cabut,” tegasnya.

BACA JUGA:   "Teman Makan Teman", Motor Kesayangan Dijual untuk Foya-foya

Wasista mengajak segenap masyarakat termasuk para pedagang pantai, untuk senantiasa menjaga citra dan nama baik Kuta sebagai destinasi wisata internasional. (adi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

twelve − 10 =