Pemkab Karangasem Terima Penghargaan, Skor Nilai LPPD Sangat Tinggi

0
56
Pemda Karangasem mendapatkan penghargaan terkait kinerja penyelenggaraan pemerintah

KARANGASEM – Pemerintah Kabupaten Karangasem menerima penghargaan atas kinerja penyelengaraan pemerintah.

Sekda Karangasem, I Ketut Sedana Merta mengungkapkan, Pemkab Karangasem mendapatkan skor sangat tinggi dengan nilai 3,2. Penilaian ini berdasarkan Laporan Penyelenggaraan Pemerintah Daerah (LPPD) di tahun 2018 yang dievaluasi tahun 2019.

“Cakupan penilaian dari LPPD ini ada tiga,
pengambilan kebijakan, administrasi umum dan pelaksanaan kebijakan. Pelaksanaan kebijakan ini mencakup kaitannya pada kapasitas Pemda dalam melaksanakan tupoksinya, seperti kesehatan, pendidikan dan PUPR,” tandas Sedana Merta,Selasa (17/11/2020).

Menurut Sedana Merta, capaian yang nilainya paling mencolok di Karangasem ialah sektor pendidikan dan kesehatan. Angka persentase pendidikan seperti; angka putus sekolah, angka kelulusan per jenjang atau jumlah masyarakat melek huruf cukup tinggi.

Demikian pula kesehatan, persentase balita stunting, persentase UCI, angka kematian ibu, pelayanan kesehatan bagi bayi dan lain-lainnya juga memiliki angka yang tinggi.

Meski memperoleh nilai tinggi, Sedana Merta mengaku masih harus mengoptimalkan pengayoman di masyarakat. Khususnya di bidang kesehatan atau UHC karena di sanalah ia mengaku keteteran.

“Walaupun kita memenuhi penilaian tapi tentunya optimasiliasai dari penggerakan dan lain-lain tentu harus ditingkatkan,” ujarnya.

Hal ini diharapkan dapat menjadi acuan pemerintah daerah dan sebagai motivasi bagi seluruh OPD di lingkungan Pemerintah Daerah Kabupaten Karangasem. (ami)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here