HUT Ke-12 Paiketan AWBP, Jaya Negara: Mari Teladani Kepemimpinan Leluhur Pinatih

0
110
Hut Ke 12 Paiketan Arya Wang Bang Pinatih

DENPASAR – Panglingsir Puri Pinatih Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara menghadiri peringatan HUT ke-12 Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih (AWBP) Provinsi Bali/Pusat Tahun 2020. Acara tersebut dirangkai dengan peluncuran Buku Karya Anta Sapa dan Pegat Sot serta temu wirasa bertempat di bekas Kerajaan Kerthalangu yang pernah berdiri di sana 400 tahun silam, tepatnya di eks Gedung Balitex, Kesiman Kertalangu, Denpasar Timur, Senin (26/10/2020) malam.

Ketua Harian Paiketan Warga AWBP, I Gusti Mangku Ketut Adi Kertiyasa dalam sambutannya menegaskan peringatan hari kelahiran paiketan yang merupakan pratisentana Ida Danghyang Manik Angkeran putera dari Empu Sidhimantra ini bertujuan untuk merekatkan kembali rasa persaudaraan dan menyegarkan roda organisasi untuk persiapan Mahasabha tahun 2021 mendatang.

“Setahun lagi paiketan akan mengganti kepengurusan. Saya minta ketua kabupaten/kota se-Bali banyak yang akan segera berakhir masa jabatannya agar menyelenggarakan lokasabha di tingkat kecamatan. Laksanakan secara musyawarah mufakat dan sederhana sesuai protap Covid-19 sehingga sebelum mahasabha 2 Oktober 2021 agar sudah terbentuk susunan kepengurusan yang baru. Pendataan pasemetonan di masing-masing kabupaten/kota perlu dioptimalkan agar semakin raket dan rukun,” pesannya kepada segenap pengurus yang hadir.

Ia menambahkan 5 tahun yang lalu Maha Warga AWBP yang tersebar di seluruh Bali bahkan dari luar daerah telah melaksanakan Karya Anta Sapa dan Pegat Sot yang puncaknya tanggal 24 Agustus 2015 lalu.

“Hari ini kita luncurkan bukunya supaya bisa dijadikan pedoman bagi pratisentana (keturunan, red) dalam kehidupan ini. Makna dari upacara ini adalah persembahan suci layaknya sumpah cor untuk memutus dan menetralisir sesangi (sumpah), dosa, kutukan yang terjadi sejak abad ke-17 saat Raja Kyai Anglurah Agung Pinatih Mantra memimpin Badung di Puri Kerthalangu. Dan dari bekas kerajaan beliau ini kita berharap jejak perjuangannya dan sifat kepemimpinan beliau dapat diteruskan oleh panglingsir kita I Gusti Ngurah Jaya Negara. Semoga direstui Ida Dalem Kerthalangu dan Ida Bhatara Kawitan sami I Gusti Ngurah Jaya Negara terpilih menjadi Walikota Denpasar dalam Pilwali 2020,” ucap Mangku Kertiyasa disertai tepuk-tangan peserta yang hadir.

Sedangkan penulis buku Anta Sapa dan Pegat Sot, Wayan Sudiarta memaparkan dasar dan materi tulisan dibantu oleh mantan Ketua Umum Upacara Anta Sapa dan Pegat Sot, I Nyoman Sukada, desain cover oleh I Made Suardana dan desain layout isi buku oleh I Putu Suwitra.

“Walaupun prosesnya terburu-buru karena mengejar deadline agar bisa diluncurkan bertepatan dengan ulang tahun ke-12 paiketan, namun tak mengurangi esensinya. Namun atas restu Panglingsir Puri Sulang dan Puri Pinatih serta Ida Rsi Agung akhirnya selesai juga walau saat ini hanya bantang-bantangnya (inti-intinya, red) saja. Baru selesai cetak jam 3 sore tadi, 16 buah buku saja dulu, nanti akan dibedah lagi karena belum sempurna. Selanjutnya akan diperbanyak untuk dibagikan kepada pengurus paiketan di kabupaten/kota se-Bali,” ungkap Sudiarta yang juga Sekretaris Umum Paiketan Warga AWBP Bali/Pusat ini.

Ketua Harian Mahakerta Warga Dang Hyang Bang Manik Angkeran Siddhimantra Provinsi Bali, I Wayan Subagiarta menyampaikan, berbagai terobosan program telah dilaksanakan oleh Paiketan Warga Arya Wang Bang Pinatih Provinsi Bali yang telah melaksanakan kegiatan sosial, safari kesehatan dan kegiatan kemanusiaan lainnya. Dirinya juga berharap pada usia ke-12 tahun ini kehadiran paiketan semakin eksis di tengah sameton AWBP dimanapun berada dengan melaksanakan program-program yang menyentuh langsung kepada masyarakat dan sameton AWBP.

“Sekarang usianya sudah 12 tahun. Tiyang (saya, red) sebagai Ketua Harian Maha Kertha Warga Danghyang Manik Angkeran menilai jumlah keanggotaan Warga Arya Wang Bang Pinatih paling dominan yakni sekitar 60 persen, disusul Warga Arya Wang Sidemen, Sira Agra Manikan dan Warga Wang Bang Wayabya. Selamat kepada pengurus AWBP Bali/Pusat. Ini adalah organisasi sosial religius yang motivasinya adalah ngayah (mengabdi, red) kepaa Ida Bhatara Lelangit dan Hyang Widhi Wasa. Ini yang paling susah karena tak ada sanksi. Ayo ke depan kita tingkatkan lagi pengabdian kita agar langkah paiketan berjalan lancar. Tahun 2020 ini, Panglingsir I Gusti Ngurah Jaya Negara akan maju sebagai Calon Walikota Denpasar, kita doakan dan perjuangkan agar sukses. Beliau sosok pejabat yang baik, jujur, rajin, kalem tapi suka turun ke bawah melihat kondisi masyarakat,” tandas Subagiarta disambut suara dukungan dari warga AWBP.

Selanjutnya acara dilanjutkan dengan pemotongan tumpeng ulang tahun dan penyerahan Buku Anta Sapa dan Pegat Sot kepada para panglingsir, Ida Rsi Agung Pinatih dan pengurus Paiketan AWBP kabupaten/kota se-Bali.

Dalam temu wirasa tersebut Panglingsir Puri Pinatih I Gusti Ngurah Jayanegara menuturkan, melalui peringatan hari kelahiran Paiketan Warga AWBP dan pasca digelarnya upacara Anta Sapa dan Pegat Sot 5 tahun lalu tersebut kini telah dirasakan manfaat dan dampak positifnya kepada pratisentanya. “Sradha dan bhakti kita kian meningkat kepada Ida Bhatara Leluhur dan Hyang Widhi Wasa. Semoga kita bisa meneladani ketokohan dan kepemimpinan Ida Dalem Kyai Anglurah Agung Pinatih Mantra pendiri Kerajaan Kerthalangu (sekitar 1350 M). Kerajaan yang paling pertama (di Badung),” tegas Jaya Negara yang juga Calon Walikota Denpasar untuk Pilkada tahun 2020 ini.

Jaya Negara juga menyampaikan terima kasih kepada pihak Pemprov Bali dan Pemkot Denpasar yang telah menyerahkan lahan bekas Kerajaan Kerthalangu seluas 18 are ini yang kini bersebelahan dengan SMP, SMA dan SMK Negeri baru. Sebelumnya lahan sekolah tersebut juga merupakan denah dari kerajaan yang pernah berjaya di abad ke-14 hingga abad ke-17 itu.

“Semoga persaudaraan kita senantiasa rekat dan rukun, sagalak-sagilik, salunglung sabayantaka. Tanpa menuntut ABCD, karena paiketan ini bersifat sosial religius, ngayah dan subhakti ring leluhur. Tiyang mohon doa restu dari semeton sami agar perhelatan Pemilihan Walikota Denpasar tanggal 9 Desember ini berjalan aman, lancar, sukses dan damai,” pungkas Jaya Negara yang saat ini sebagai Wakil Walikota Denpasar yang sedang menjalani masa cuti.

Salah satu panitia peringatan HUT yang juga Wakil Sekretaris Umum Paiketan Warga AWBP Bali/Pusat I Gusti Ngurah Murthana menandaskan kegiatan ini dilaksanakan dengan konsep gotong royong antar warga AWBP di seluruh Bali.

“Di paiketan Arya Wang Bang Pinatih menerapkan konsep dan semboyan Ala Ayu Tunggal, Ala Ayu Kabeh. Yang artinya suka-duka satu orang adalah suka-duka bersama juga,” ungkap Ngurah Murthana yang akrab disapa Rahman ini.

Selain Panglingsir Puri Sulang I Gusti Ngurah Ketut Agung, Panglingsir Puri Pinatih I Gusti Ngurah Jaya Negara, Ida Pedanda Rsi Agung Pinatih Kusuma Yoga beserta Ida Rsi Istri dari Griya Kertha Yoga Tulikup Gianyar hadir pula dalam acara tersebut para Jero Mangku, seluruh Ketua dan Pengurus Paiketan Warga AWBP kabupaten/kota, Sabha Walaka, Sabha Yowana, Dharma Patni AWBP kabupaten/kota dan tokoh-tokoh AWBP lainnya.(*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here