Baris Jangkang Masuk Nominasi, SMA Tembeling Tak Lolos Masuk Surga Tersembunyi

0
648
Taris Baris Jangkang Dusun Pelilit, Nusa Penida selain diakui sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO, kini masuk nominasi Anugrah Pesona Indonesia Award 2020

KLUNGKUNG- Kabupaten Klungkung sebagai bekas pusat kerajaan di Bali memiliki segudang atraksi budaya. Atraksi budaya ini memperkaya kasanah budaya nusantara. Salah satu atraksi budaya yang masih tetap lestari yakni Taris Baris Jangkang Dusun Pelilit, Desa Pejukutan, Nusa Penida.

Tari Baris Jangkang Dusun Pelilit yang sudah berusia tua dan kerap dipentaskan mengiringi upacara keagamaan ini kini menjadi atraksi budaya unggulan dan masuk nominasi Anugerah Pesona Indonesia (API) Award 2020. Tarian dengan gaya tari dan pakaian yang digunakan penuh kesederhanaan ini juga sudah ditetapkan sebagai warisan budaya tak benda oleh UNESCO. Tari Baris Jangkang yang sudah masuk nominasi diharapkan bisa tampil memenangi API Award 2020, sehingga makin mengangkat citra kepariwisataan di Klungkung, khususnya Nusa Penida di mata dunia.

Kabupaten Klunkung mengikuti beberapa kreteria pada ajang API Award 2020 yang diadakan atas kerja sama Kementerian Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif bersama salah satu agen promosi digital. Tapi, Sumber Mata Air (SMA) Tembeling di Desa Batumadeg, Nusa Penida tidak lolos masuk kreteria surga tersembunyi terpopuler.

Baca juga : Diamankan Saat Trek-Trekan, Pemilik Motor Digiring, Diminta Push Up Dan Lafalkan Pancasila

Menurut Pelaksana Tugas (Plt) Kadis Pariwisata Ida Bagus Ketut Mas Anadan bersama Kabid Pemasaran Pariwisata Ida Ayu Pujiastuti, terdapat banyak hal unik dalam Tari Baris Jangkang, seperti, gerak tari dan pakaian yang digunakan sangat sederhana. Tapi dibalik kesederhanaan Tari Baris Jangkang, kental akan aura taksu (magis). Tari Baris Jangkang umumnya ditarikan oleh sembilan orang penari. Jumlah sembilan ini sesuai teologi Hindu mencerminkan sembilan mata arah angin. Tari Baris Jangkang juga mencerminkan pasukan perang, saat pentas lengkap membawa tombak. Tari Baris Jangkang ditarikan dengan posisi setengah jongkok.

“ Kelebihan lainnya, Tari Baris Jangkang sudah diakui oleh UNESCO, sehingga kami jadi unggulan pada kreteria atraksi budaya terpopuler ajang API Award,” tandas Ida Bagus Mas Ananda, Rabu (5/8). Mantan Camat Banjarangkan ini mengajak warga Klunkung memberikan dukungan, agar Taris Baris Jangkang Dusun Pelilit, Nusa Penida ini bisa lolos sebagai pemenang. “Caranya klik API 11A dan kirim SMS ke 99386. Harapan kami selain menang, tampilnya Tari Baris Jangkang bisa mendongkrak citra pariwisata Kabupaten Klungkung. Kabupaten Klungkung tidak hanya memiliki destinasi wisata bahari, ada destinasi lain yakni atraksi budaya yang tidak kalah menarik,” demikian Ida Bagus Mas Ananda.

Kabid Pemasaran Pariwisata Ida Ayu Pujiastuti menambahkan, Kabupaten Klungkung rutin mengikuti API Award sejak tahun 2018. “ Baru kali ini masuk nominasi,” katanya seraya menyampaikan, Klungkung mengikuti beberapa kreteria, seperti kreteria makanan tradisional terpopuler, Klungkung menampilkan sayur serombotan, kreteria promosi pariwisata digital, brand pariwisata terpopuler, destinasi belanja terpopuler, cindera mata terpopuler, wisata olah raga dan petualangan terpopuler, ekowisata terpopuler, situs sejarah terpopuler, atraksi budaya terpopuler, destinasi unik terpopuler dan kreteria surga tersembunyi terpopuler, Klungkung menampilkan sumber mata air (SMA) Tembeling di Desa Batumadeg. Selain Tari Baris Jangkang masuk nominasi, promosi pariwisata digital juga masuk nominasi. (yan)              

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here